Friday, April 17, 2015

Dengan atau Tanpa Esemka, Garansindo Tetap Buat Kendaraan Nasional

Dengan atau Tanpa Esemka, Garansindo Tetap Buat Kendaraan NasionalJakarta - Kerja sama antara PT Garansindo Inter Global dan Esemka belum menemukan titik terang. Garansindo menuturkan, kalau mereka gagal menggaet Esemka, mereka tetap akan memproduksi kendaraan nasional.

Hal itu dicetuskan CEO PT Garansindo Inter Global Muhammad Al Abdullah pada detikOto, Sabtu (18/4/2015).

"Dengan atau tanpa Esemka, Garansindo tetap bikin," ujarnya dengan nada pasti.

Garansindo sebelumnya mengeluhkan mereka susah untuk melakukan pertemuan dengan Esemka, padahal mereka sudah menyanggupi pengucuran dana Rp 100 miliar untuk Esemka yang tidak disanggupi pemerintah.

Keinginan membuat mobil atau motor nasional sangat kuat di manajemen Garansindo, apalagi dengan fakta penjualan otomotif baik motor dan mobil terus naik. Penjualan mobil mencapai 1 juta unit per tahun sedangkan motor mencapai 7-8 juta unit per tahun. Untuk urusan motor pun Indonesia menjadi pasar terbesar ketiga di dunia setelah Tiongkok, India.

"Alangkah aibnya kalau kita tidak punya motor nasional. Tiongkok punya berbagai merek, India punya TVS, Bajaj, Mahindra. Kita pasar nomor 3 dunia tapi enggak ada motor nasional, what a waste, ada apa ini. Jadi tetap harus bikin kendaraan dalam negeri," ujarnya menggebu-gebu.

Garansindo sudah menyiapkan berbagai opsi agar mereka bisa memproduksi kendaraan di Indonesia.

Untuk roda empat, mereka tertarik dengan Esemka, untuk roda dua, mereka melakukan transfer teknologi dengan produsen motor listrik Amerika, Zero Motorcycles untuk melahirkan motor listrik dengan harga terjangkau sekitar Rp 30-40 jutaan.


(ddn/ady)

0 comments:

Post a Comment