Tuesday, April 7, 2015

Indonesia, Basis Produksi Kendaraan Komersial Isuzu untuk Negara Berkembang

Indonesia, Basis Produksi Kendaraan Komersial Isuzu untuk Negara BerkembangKarawang - Isuzu sebagai salah satu produsen mesin diesel dan kendaraan niaga hadir di Indonesia sejak tahun 60-an. Sejak tahun 70-an hingga akhir tahun 2014 pabrik Isuzu berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi. Kini Isuzu membuka pabrik baru di kawasan industri Karawang Timur, Jawa Barat.

Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Yohannes Nangoi menuturkan, di dunia, Isuzu membagi basis produksinya menjadi tiga bagian, yaitu Pabrik Isuzu Jepang, Thailand dan Indonesia.

Pabrik Isuzu di Jepang berada di Fujisawa, Jepang dan menjadi basis produksi untuk kendaraan komersial untuk negara â€Â" negara maju, yang telah menggunakan Euro II ke atas.

Negara Thailand menjadi basis produksi untuk kendaraan komersial kecil (light commercial vehicle), sedangkan Indonesia sendiri akan menjadi basis produksi untuk kendaraan komersial untuk negara â€Â" negara berkembang.

"Pada akhirnya, kami berharap dengan adanya pabrik baru ini menjadi tonggak sejarah baru Isuzu di Indonesia, untuk mencapai visi Isuzu untuk menjadi no.1 di segmen komersial di Indonesia. Isuzu Otot Indonesia," ungkap Nangoi di sela-sela acara peresmian pabrik baru Isuzu di Karawang, Jawa Barat, Selasa (7/4/2015).

Nangoi melanjutkan, pabrik baru Isuzu ini kapasitas produksi terpasang sebesar 52.000 unit per tahun dan dapat dikembangkan menjadi 80.000 unit per tahun.

"Pabrik ini bukan hanya untuk mengingkatkan kapasitas produksi guna memenuhi kebutuhan kendaraan niaga di Indonesia, tapi merupakan upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas produk Isuzu agar memenuhi standar kualitas kelas dunia dan akhirnya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi global Isuzu di luar Jepang," pungkasnya.


(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment