Thursday, April 30, 2015

Mantan Bos Ban Michelin Mangkat di Usia 88 Tahun

Mantan Bos Ban Michelin Mangkat di Usia 88 TahunParis - Cucu pendiri pabrikan ban Michelin & Clie, Francois Michelin wafat pada usia 88 tahun pada Rabu (29/4/2015) kemarin.

Ia yang menjadi kepala eksekutif Michelin selama hampir setengah abad itu telah berhasil melakukan ekspansi global dengan membuka 25 pabrik dalam waktu 19 tahun.

Seperti dilansir Automotivenews, Kamis (30/4/2015), pernyataan resmi Michelin menyebut Francois meninggal dengan tenang kemarin. Namun, pabrikan yang didirikan 126 tahun lalu itu tak memberi rincian penyebab kematian sang bos.

Catatan menunjukan dibawah kepemimpinan Francois, pabrikan yang berbasis di Clemont-Ferrand, Prancis Tengah, itu berhasil membuka pabrik di Amerika Serikat. Bahkan dalam waktu 19 tahun, yakni dari 1960-1979, pabrikan ini berhasil membuka 25 pabrik di berbagai negara.

Bahkan berkat tangan dinginnya yang berhasil membuat ban radial X Michelin, perusahaan mampu meraup pendapatan lebih besar. Bahkan mengantarkan Michelin sebagai pabrikan ban terbesar di Eropa.

Francois memimpin pabrikan yang didirikan kakeknya itu dari 1955 hingga 2002. “Dia adalah salah satu industrialis Perancis terbesar pada era sesudah perang dunia (kedua)," kata Presiden Francois Hollande dalam sebuah pernyataan.

"Dia mengerti pentingnya inovasi dan pengembangan industri jangka panjang. Dengan mengembangkan ban radial, ia berhasil mengubah perusahaan keluarga dan pabrikan skala daerah menjadi pabrikan Prancis terbesar di Eropa, dan menjadi terkenal,” papar Hollande.

Predikat seperti itu sangat beralasan. Pada 1976 misalnya, Francois mengmabil keputusan strategis dengan menarik diri dari bisnis mobil dengan menjual saham Peugeot Citroen yang dimiliki perusahaan.

Dia melegonya ke perusahaan Prancis, PSA, sehingga menjadikan mereka merger menjadi PSA Peugeot-Citroen.

Langkah strategis lainnya yang dia lakukan adalah, membeli Uniroyal Goodrich Tire Co pada tahun 1990. Langkah itu dimaksudkan untuk memperkuat penetrasi Michelin di pasar Amerika, termasuk Amerika Serikat, Kanada, dan lainnya.

0 comments:

Post a Comment