Thursday, April 30, 2015

Nissan Optimistis Segmen SUV Terus Tumbuh

Nissan Optimistis Segmen SUV Terus TumbuhJakarta - Dalam 3 bulan terakhir di tahun 2015, pangsa pasar kendaraan di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) meningkat cukup tajam. Peningkatannya yakni dari 11,86 persen menjadi 18,68 persen. Produsen mobil Nissan pun optimistis segmen SUV ini akan terus tumbuh.

General Manager of Marketing Strategy and Product Planning PT NMI, Budi Nur Mukmin menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan pangsa pasar segmen SUV dalam 3 bulan terakhir di tahun ini meningkat. Salah satunya adalah karena banyak produk baru yang diluncurkan di segmen tersebut.

"Kita juga baru luncurkan X-Trail, ditambah lagi Honda meluncurkan CR-V baru. Saya pikir faktor produk baru ini membuat market SUV bergairah," ungkap Budi saat dihubungi detikOto, Kamis (30/4/2015).

Menurut Budi, memang harus diakui segmen SUV ini secara jangka panjang trennya akan naik, tapi spesial untuk 3 bulan terakhir ini disebabkan oleh adanya produk baru di segmen tersebut.

"Kalau X-Trail jualnnya bagus, sebelumn ada yang baru kita jualan 200 unit sebulan, tapi setelah ada model baru penjualannya sudah di level 1.000 unit. Begitu juga dengan kompetitor di kelasnya," lugasnya.

Tak hanya itu, segmen SUV ini tidak terlalu besar dibandingkan segmen lain. Kontribusi SUV dari total market hanya menyumbangkan 8-10 persen. Penjualannya untuk keseluruhan hanya 5.000 unit sebulan. Tapi segmen ini potensial, meski porsinya tidak sebesar Multi Purpose Vehicle (MPV).

"Saya pribadi optimistis segmen ini di tahun 2015 akan meningkat dibandingkan tahun 2014 lalu. Tapi tidak akan dramatis," tuntasnya.


(ady/ady)

0 comments:

Post a Comment