Thursday, May 28, 2015

7 dari 10 Orang Jawa Barat Pakai Motor Honda

7 dari 10 Orang Jawa Barat Pakai Motor HondaBandung - Motor Honda masih merajai pasar otomotif roda dua di Indonesia. Di Jawa Barat sendiri, pabrikan asal Jepang ini sangat dominan.

General Manager Motorcycle Sales, Marketing & Logistic PT Daya Adicipta Mustika selaku diler utama Honda di Jawa Barat, Lerri Gunawan mengatakan, sampai dengan April 2015 pihaknya sudah melepas 256.443 ke tangan konsumen. Tapi, angka itu masih di luar harapan PT DAM mengingat kondisi ekonomi masyrakat yang melemah.

"Januari-April totalnya 256.443 unit. Untuk bulan Aprilnya sendiri sekitar 75 ribu. Memang ekspektasi kita lebih dari itu, karena kita tahu kondisi ekonomi tidak sesuai yang diekspektasikan. Kita lihat dolar tinggi, harga komoditi juga tidak sesuai yang berdampak kepada daya beli masyarakat," kata Lerri kepada detikOto di Bandung, Jawa Barat, Jumat (29/5/2015).

Angka tersebut terkoreksi 5,8 persen dari tahun lalu. Namun, secara market share, Honda sukses menggaet 70 persen dari seluruh pembeli motor di Jawa Barat.

"Secara volume masih minus growth, terkoreksi 5,8 persen daripada tahun lalu. Tapi market share-nya bertumbuh, sudah di angka 70 persen, tahun lalu 65,7 persen," jelas Lerri.

Dari kesemua angka itu, motor jenis skuter matik mendominasi hingga 85 persen. Motor bebek dan sport mengikutinya.

"Matik sekarang hampir 85 persen, kedua cub kontribusinya 8 persen, sisanya di sport 7 persen itu sampai April," ujar Lerri.

Meski Mei belum berakhir, Lerri melihat bahwa bulan kelima tahun 2015 ini mulai mengarah ke tren positif. Ada sedikit peningkatan dibandingkan April 2015.

"Mei kita lihat relatif lebih baik dibandingin April. Karena sejak April akhir atau awal Mei ekonomi masyarakat sudah mulai bergerak. Mei ini ekspektasi 80 ribu. Dan rasanya sudah kelihatan ke arah situ," katanya.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment