Tuesday, June 9, 2015

Belasan Kali Alami Kecelakaan, Google Bersikukuh Mobil Tanpa Sopir Aman

Belasan Kali Alami Kecelakaan, Google Bersikukuh Mobil Tanpa Sopir AmanCalifornia - Setelah menjadi perbincangan dan menimbulkan spekulasi yang menggelinding bak bola salju, akhirnya Google memberikan keterangan rinci tentang 12 kecelakaan yang melibatkan mobil tanpa sopir alias mobil otonom hasil kreasinya.

Namun, seperti yang pernah diungkapkannya, semua kecelakaan itu bukan karena kesalahan mobil dan itu merupakan kecelakaan kecil.

Pernyataan Google yang dirilis akhir pekan lalu dan dilaporkan FoxNews, Selasa (9/6/2015) menyatakan, enam dari kecelakaan tersebut terjadi di saat mobil dalam kondisi mode otonom, alias tanpa keterlibatan manusia.

Sedangkan kecelakaan lainnya terjadi di saat petugas dari Google tengah mengendalikan mobil.

Perusahaan raksasa mesin pencarian di internet itu juga menegaskan, dari jumlah kecelakaan itu, tak satu pun yang merupakan kesalahan dari mobil. Hal dikarenakan faktor manusia, dan hanya tergolong kecelakaan kecil.

Pernyataan perusahaan itu menyatakan, tabrakan tersebut tidak menyebabkan cidera atau luka. Kecelakaan itu terjadi pada Agustus 2011, yakni saat petugas mencoba mengendalikan mobil tersebut dan mobil yang berada di belakangnya menabraknya.

Penjelasan resmi Google itu dirilis itu dua hari setelah co-founder dan pemegang saham Google, Sergey Brin, meminta perusahaan itu menjelaskan apa yang terjadi dengan isu kecelakaan tersebut.

Pernyataan ini menyusul desakan Consummer Watchdog yang mengkritik dan meminta Google agar memberikan penjelasan tentang kasus kecelakaan itu.

Lembaga itu bahkan meminta agar Google menyerahkan laporan kecelakaan itu kepada California Department of Motor Vehicles dan lembaga penegak hukum lainnya.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment