Wednesday, July 22, 2015

Desain Motor Hybrid Suzuki Terungkap

Desain Motor Hybrid Suzuki TerungkapTokyo - Paten desain motor sport hybrid dari Suzuki tersebar di jagat maya. Kabarnya, Suzuki sedang mengembangkan motor sport dengan mesin inline empat silinder dan motor listrik.

Seperti diberitakan Visordown dan autoevolution, Rabu (22/7/2015), diagram paten ini menunjukkan frame bergaya GSX-R1000. Namun bedanya, paten ini menampilkan tambahan motor listrik.

Jika dilihat lebih dekat, cylinder head dan sebuah motor listrik meringkuk di atas crank case. Motor listrik yang ditunjukkan dengan angka 43 dalam diagram itu dikatakan mampu memberikan tenaga tambahan dari mesin konvensional.

Sementra baterainya diletakkan di bawah kursi yang ditunjukkan dengan angka 32. Dilihat dari ukurannya, motor listrik itu hanya bisa digunakan untuk menyalakan motor dalam jarak pendek di sekitar kota.

Tombol switch di setang kanan memungkinkan pengendara memilih mode elektrik, mode mesin bensin atau keduanya secara manual. Motor ini akan hadir dengan transmisi semi otomatis.

Pengendaranya masih menggunakan tuas perpindahan transmisi di kaki kirinya. Tapi, perpindahannya menggunakan sistem elektronik, tidak lagi menggunakan sistem mekanis dengan ECU yang mengontrol kecepatan mesin selama perpindahan transmisi.

Motor bertenaga listrik penuh memang bakal menjadi inovasi terbaru di pasar otomotif roda dua. Tapi, motor hybrid Suzuki ini bisa menjadi solusi bagi pengendara yang mendukung gagasan teknologi motor ramah lingkungan, namun tidak ingin kehilangan suara khas motor sport empat silinder mesin.

Motor hybrid Suzuki ini masih dalam bentuk paten desain. Jadi, masih ada banyak tahap yang harus dilalui sebelum masuk ke jalur produksi massal.




(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment