Thursday, July 30, 2015

Penjualan Tak Sesuai Harapan, MINI Hentikan Perakitan Countryman di India

Penjualan Tak Sesuai Harapan, MINI Hentikan Perakitan Countryman di IndiaNew Delhi - Pabrikan asal Inggris, MINI, mulai masuk ke pasar India pada 2012 lalu dengan model yang diimpor secara utuh dari negeri asalnya dan kemudian model yang dijajakan dirakit di pabrik lokal, antara lain MINI Countryman. Kini, operasi pabrik perakitan itu akan dihentikan karena penjualan model itu ternyata tak memenuhi harapan.

Seperti dilaporkan Motorbeam, Kamis (30/7/2015) sesaat setelah memasarkan MINI Countryman yang merupakan model terlaris ke India dengan mendatangkannya secara utuh, pabrikan asal Inggris itu mencoba merakitnya di pabrik setempat. Perakitan dilakukan di pabrik milik BMW, karena BMW merupakan induk perusahaan dari MINI.

Perakitan di pabrik lokal itu dimaksudkan untuk menggenjot penjualan. Soalnya, harga MINI yang diimpor secara utuh kurang bersaing dibanding banderol mobil sekelas dan sejenis dari para pesaing.

Namun setelah tiga tahun dilakukan, kini BMW selaku induk berubah pikiran, yakni berniat menutup perakitan lokal itu. Soalnya, penjualan MINI di negeri berpenduduk terbanyak kedua dunia itu terbilang lemot.

Sejak dipasarkan di India pada 2012 hingga akhir 2014 lalu, mobil itu hanya terjual 1.123 unit. Artinya, saban tahunnya hanya terlego 400 unit. Sebuah jumlah yang jauh dari keinginan MINI terutama BMW.

Padahal, India merupakan negeri dengan penduduk terbesar kedua di dunia â€Â" yakni sekitar 1.236.344.631 jiwa. Dia berada di bawah China yang berpenduduk sebanyak 1.355.692.576 jiwa.

Selain itu, fakta menbuktikan banyak mobil mewah yang gagal di pasar India, karena dinilai mahal. Selain itu, konsumen negara ini lebih menyukai mobil berukuran besar.

Untuk selanjutnya, MINI masih akan terus menjajakan model-model besutannya di India, Hanya, model itu kembali akan didatangkan secara utuh. Begitu pun dengan MINI Countryman generasi terbaru.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment