Thursday, August 6, 2015

Australia Punya UU yang Bisa Bubarkan Geng Motor Kriminal

Australia Punya UU yang Bisa Bubarkan Geng Motor KriminalSydney - Australia mulai memberlakukan undang-undang anti geng motor yang bermasalah. Mulai hari ini, pemerintah berhak membubarkan geng motor kriminal, 2 geng motor langsung dibekukan.

Seperti dilansir ABC Australia, Kamis (6/8/2015) hukum itu sebenarnya sudah menetapkan 10 geng motor sebagai organisasi kriminal. Namun baru 2 yang yang dibubarkan. Mereka dilarang bertemu atau menggunakan atribut geng di depan umum.

“Dua klub yang telah dilarang, dan delapan lainnya dalam tahap dibubarkan atau ditutup. 2 Geng yang ditutup adalah Comanchero dan Rebels, satu di Salisbury dan satunya di Edinburgh,” ujar Komisaris Polisi Grant Stevens.

Stevens memprediksi tidak menutup kemungkinan kalau klub itu akan beraktivitas lagi di tempat lain. Namun jika hal itu terjadi dia akan meminta aturan baru untuk ditambahkan.

Sebelumnya undang-undang ini pernah diloloskan pada tahun 2008 lalu. Namun kalah setelah digugat ke Mahkamah Tinggi Australia. Bagaimana dengan hukum yang baru?

Jaksa John Rau mengaku undang-undang ini bisa saja digugat lagi, tetapi dia optimistis kali ini tidak akan gugur karena sudah mempertimbangkan beberapa aspek.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment