Thursday, August 6, 2015

Nissan: Recall X-Trail, Teana dan Sentra Karena Airbag Takata

Nissan: Recall X-Trail, Teana dan Sentra Karena Airbag TakataJakarta - Nissan Indonesia mengumumkan penarikan kembali mobil-mobil model lama dari X-Trail, Teana dan Sentra. Penarikan itu terjadi karena mobil menggunakan airbag buatan Takata Corporation yang akhir-akhir ini memang mengalami masalah di seluruh dunia.

Total sudah ada puluhan juta mobil di seluruh dunia yang harus ditarik. Produsen yang sudah mengumumkan recall yang paling banyak adalah Honda, Nissan, Daihatsu dan beberapa pabrikan mobil lain.

“Iya, (recall) karena terkait Takata,” tegas GM Strategi Pemasaran dan Perencanaan Produk PT Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin kepada detikOto.

Mobil akan mengalami pergantian airbag di kursi penumpang. Model yang terkena dampak adalah Nissan X-Trail yang diproduksi pada September 2003 hingga Desember 2008 (total sebanyak 19.979 unit), Nissan Teana yang diproduksi pada November 2004 hingga Oktober 2006 (total 468 unit), dan Nissan Sentra 1.8 A/T yang diproduksi pada April 2002 hingga September 2002 (total 96 unit).

Menurut Budi, mobil X-Trail itu sudah diproduksi di Indonesia, sementara Teana dan Sentra masih didatangkan dari Thailand.

Airbag buatan Takata ini memang mengalami cacat. Bulan Juli lalu di Amerika airbag sisi penumpang di mobil X-Trail buatan Agustus 2001 terbakar setelah mobil mengalami kecelakaan.

Airbag Takata yang ada di sisi penumpang depan X-Trail itu diproduksi di pabrik Takata yang berada di Amerika Serikat (AS).


0 comments:

Post a Comment