Tuesday, September 8, 2015

Ingin Mobil Tanpa Sopir, Toyota Gelontorkan Dana Rp 700 M

Ingin Mobil Tanpa Sopir, Toyota Gelontorkan Dana Rp 700 MMichigan - Tak ingin ketinggalan, Toyota juga berniat mengembangkan teknologi mobil otonom. Pabrikan asal Jepang itu bahkan telah menggelontorkan dana sebesar US$ 50 juta atau sekitar Rp 711 miliar untuk pengembangan mobil otonom.

Dalam siaran pers, Toyota telah mengikat kerja sama dengan Stanford University dan Massachusetts Institute of Technology. Kerja sama itu menyangkut pengembangan mobil otonom.

Toyota menjanjikan investasi ini selama periode lima tahun. Produsen mobil itu juga bakal mempekerjakan ahli robotik, Gill Pratt untuk mengarahkan penelitian mobil otonomi. Program kerja sama ini akan beroperasi di fasilitas penelitian di Palo Alto, California dan Cambridge.

"Kami percaya penelitian ini akan mengubah masa depan mobilitas, memperbaiki keselamatan, mengurangi kemacetan dan meningkatkan kualitas hidup. Kecerdasan buatan adalah kekuatan yang mendorong inovasi berteknologi tinggi di seluruh dunia," ujar TMC Senior Managing Officer Kiyotaka Ise.

Dengan niat Toyota ini, tampaknya persaingan mobil otonom bakal semakin ketat. Beberapa pabrikan terus menggencarkan penelitian mobil otonom beberapa tahun terakhir, termasuk perusahaan teknologi terbesar, Apple. Padahal Toyota beberapa waktu lalu pernah menyebutkan kalau mereka termasuk yang kurang gesit mengembangkan mobil otonom.

Khusus Apple, perusahaan itu telah menarik banyak perhatian. Sebab, mereka juga telah melaporkan minatnya untuk menggunakan fasilitas pengujian kendaraan di California.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment