Tuesday, September 8, 2015

Pasar Masih Lemah, Produsen Mobil Siap Guyur Diskon

Pasar Masih Lemah, Produsen Mobil Siap Guyur DiskonJakarta - Anda yang mau beli mobil sepertinya saat sekarang adalah saat yang tepat. Produsen mobil akan memberikan diskon untuk menstimulus pasar agar tidak terlalu terjerembab.

Strategi diskon dipilih produsen mobil ketimbang jurus lain yakni menaikkan harga. Menaikkan harga diyakini bukan cara yang realistis menyikapi penurunan penjualan.

“Kami belum bisa menaikkan harga, bagaimana bisa dilepasin ke pasar, kondisinya masih lemah, yang ada saja kita berikan perangsang ke pasar dengan diskon,” ujar Presdir PT Astra Daihatsu Motor yang juga Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Sudiran MR.

Sudirman menuturkan selama bulan Agustus lalu penjualan mobil di bawah ekspektasi produsen mobil. Tadinya mereka berharap angkanya bisa mencapai 85.000 unit, tetapi faktanya penjualan mobil ritel hanya mencapai 77.000 unit. Di sisi lain pengiriman mobil ke diler (wholesales) mencapai 90.000 unit.

“Jadi di pipeline ada 13.000 unit, kalau di pipanya terlalu penuh ya produksi mobil harus disesuaikan lagi, ya volumenya disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

Terkait pelemahan penjualan mobil ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia akan merevisi target lagi menjadi lebih rendah. Sebelumnya pabrikan optimistis penjualan bakal berkisar 950.000-1.000.000 tahun ini.

Dari pantauan detikOto di pasar mobil, selain diskon, produsen mobil juga berupaya menarik minat konsumen dengan berbagai hadiah. Ada yang memberikan hadiah mobil untuk konsumen yang melakukan test drive seperti Toyota dan ada juga yang memberikan hadiah sepeda motor seperti yang dilakukan Suzuki.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment