Tuesday, September 8, 2015

Dolar Terus Perkasa, Daihatsu Belum Berani Naikkan Harga Mobil

Dolar Terus Perkasa, Daihatsu Belum Berani Naikkan Harga MobilJakarta - Dolar makin perkasa terhadap rupiah, hal ini akan memberikan beban tambahan bagi produsen mobil yang rata-rata masih menggunakan bahan baku impor. Tetapi Daihatsu memutuskan untuk tetap bertahan dan belum berniat menaikkan harga.

“Masih belum, kan kita juga melihat (situasi) kayak begini, kalau kami menaikkan harga, yang lain (produsen lain) tidak menaikkan harga, pasar lagi berat begini kan makin terpuruk, walau kami tidak ada atur-aturan harga dan masing-masing tetapi akhirnya mekanisme pasar itu yang jalan,” ujar Presdir PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR kepada wartawan di Jakarta.

Sudirman menuturkan selama bulan Agustus lalu penjualan mobil di bawah ekspektasi produsen mobil. Tadinya mereka berharap angkanya bisa mencapai 85.000 unit, tetapi faktanya penjualan mobil ritel hanya mencapai 77.000 unit. Di sisi lain pengiriman mobil ke diler (wholesales) mencapai 90.000 unit.

“Jadi di pipeline ada 13.000 unit, kalau di pipanya terlalu penuh ya produksi mobil harus disesuaikan lagi, ya volumenya disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

Terkait pelemahan penjualan mobil ini, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia akan merevisi target lagi menjadi lebih rendah. Sebelumnya pabrikan optimistis penjualan bakal berkisar 950.000-1.000.000 tahun ini.

“950.000 unit masih rawan,” ujarnya.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment