Tuesday, September 8, 2015

Donald Trump Sindir Ford Karena Bangun Pabrik di Luar Amerika

Donald Trump Sindir Ford Karena Bangun Pabrik di Luar AmerikaDetroit - Bukan Donald Trump namanya jika tak membuat kontroversi. Selain bikin masyarakat Indonesia ribut karena menerima ‘kunjungan’ pimpinan DPR, Trump juga sukses bikin bos-bos pabrikan mobil di Amerika agak panas-panas telinganya.

Apa sebab? Trump ternyata tidak terlalu suka dengan mobil-mobil Amerika yang diproduksi di luar Amerika. Dia secara spesifik mengacu pada Ford yang membangun mobil di Meksiko. Dia menginginkan mobil Amerika dibuat di Amerika.

Di bulan April lalu, CEO Ford mengumumkan investasi senilai US$ 2,5 miliar untuk membangun 2 fasilitas produksi transmisi dan mesin di Chihuahua, dan Guanajuato Meksiko. Proyek itu diperkirakan akan menyerap 3.800 pekerja di Meksiko. Meksiko dipilih karena ongkos produksi dan biaya tenaga kerja yang murah.

Tetapi tampaknya, omongan Trump itu seperti tidak didengar oleh para pembeli mobil Ford. Tidak ada dampak penurunan penjualan pada Ford.

Seperti dilansir CNN, penjualan mobil Ford di bulan Agustus malah naik 5 persen menjadi 234.000 unit. Angka itu merupakan penjualan bulan Agustus yang terbaik buat Ford dalam 9 tahun.

Wall Street pun langsung beraksi, saat saham yang lain bergerak ke garis merah, saham Ford malah sempat naik.

Apa penyebab naiknya penjualan Ford? Rendahnya harga minyak membuat konsumen kembali menyukai mobil besar seperti pikap truk dan SUV. Mobil Ford yang paling populer di Amerika tetap F-150 yang naik 5 persen di bulan Agustus.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment