Wednesday, September 16, 2015

Ini Dia Calon Crossover Anyar Nissan

Ini Dia Calon Crossover Anyar NissanJakarta - Nissan Motor Company memperkenalkan sebuah konsep crossover anyar yang dinamai Gripz. Konsep yang mengadopsi gaya desain sebuah mobil reli di padang pasir - Nissan 240Z itu, diduga kuat sebagai cikal bakal crossover anyar yang dibuah sebagai sub brand dari Nissan Z.

Seperti dilaporkan Indianautosblog, Rabu (16/9/2015), mobil yang terinpirasi mobil reli 240Z itu memiliki panjang 4.100 milimeter (mm), lebar 1.890 mm, dan tinggi 1.500 mm. Panjang jarak sumbu rodanya mencapai 2.580 mm.

“Gripz adalah sebuah penghormatan kepada mobil Rally Safari Nissan 240Z yang memengangi sejumlah serial reli sejak 1970. Konsep ini terinpirasi oleh mobil reli gurun itu dan sepeda balap,” bunyi pernyataan Nissan.

Pabrikan asal Jepang itu juga mengatakan, bahasa desain mobil itu adalah emotionalgeometry yang memiliki unsur-unsur sama dengan mobil konsep Sway. Konsep tersebut sebelumnya sempat dipamerkan di perhelatan Geneva Motor Show 2015.

Gaya grill yang berbentuk huruf V, lampu utama dan belakang yang bentuknya menyerupai bumerang, atap mengambang, serta pilar C yang melengkung adalah beberapa unsur yang sama dengan Sway. Adapun eksteriornya dibuat secara khusus oleh studio desain Nissan di Eropa.

Sedangkan interiornya yang didominasi kelir matt abu-abu, merah, dan oranye terinpirasi dari warna-warna saat perlombaan Tour deFrance. Begitu pun dengan konsol tengah dan jok yang terinpirasi oleh sepeda balap.

Unsur-unsur dari konsep Sway juga bisa ditemui pada lingkar kemudi , grafis dinding, hingga roda. Unsur lainnya Sway di konsep Gripz itu adalah Gliding Wing di panel instrumen.

Sementara itu, mengutip sejumlah sumber, Autocar menyebut konsep tersebut merupakan cikal bakal dari crossover baru di sub brand dari Nissan Z. Dia bakal menjadi versi jalan raya dari mobil mobil Reli Nissan yang sohor tersebut.

Hanya, kapan konsep tersebut bakal diproduksi dan dimana saja bakal dijajakan, hingga kini belum ada informasi.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment