Tuesday, October 13, 2015

40-50 Persen Pembeli Datsun Orang yang Baru Pertama Punya Mobil

40-50 Persen Pembeli Datsun Orang yang Baru Pertama Punya MobilJakarta - Kehadiran Datsun sebagai mobil kategori Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia dinilai sudah tepat dan berjalan di koridor sebenarnya. Terbukti, 40-50 persen pembelinya adalah orang-orang yang baru pertama kali membeli mobil.

"Jadi kalau kami mempunyai filosofi bahwa dengan Datsun sesorang bisa mewujudkan mimpinya termasuk membeli mobil, ini faktanya. Banyak konsumen kami adalah mereka yang sebelumnya memimpikan mobil sebagai sarana mobilitas pribadi dan keluarga," papar Vincent Cobee, Corporate Vice President, Global Head of Datsun saat ditemui di acara kick off Datsun Rising Challenge 2, di Jakarta, Selasa (13/9/2015).

Menurut Cobee, pihaknya telah mempersiapkan kehadiran Datsun di Indonesia 3-4 tahun lalu. Saat itu, Datsun telah mencermati kondisi pasar Indonesia yang dinilainya terus berkembang.

"Ekonomi Indonesia saat itu terus tumbuh. Pendapatan terus terjadi, banyak orang-orang yang menjadi anggota kelas menengah baru. Mereka umumnya orang muda, atau keluarga muda dan menginginkan kendaraan. Kami pun menawarkan yang pas bagi mereka, karena Datsun berharga terjangkau plus ramah lingkungan," paparnya.

Cobee menyebut, potensi pasar Indonesia pada segmen ini masih sangat besar. Karenanya, kata dia, Datsun akan terus menggarap pasar Indonesia. Potensi itu terlihat dari jumlah tenaga kerja produktif yang mencapai 188 juta orang dimana 123 juta diantaranya telah bekerja. Pada sisi lain, potensi sumber daya ekonomi yang terus meningkat.

Hanya memang, kondisi ekonomi saat ini memang sedang lesu. Namun, Cobee mengaku optimistis perekonomian segera kembali membaik.

"Dan ekonomi akan cepat membaik lagi kalau individu-individu di Indonesia juga bergerak cepat, dan tak harus menunggu pemerintah. Caranya seperti yang dilakukan Datsun saat ini, yakni menggelar Datsun Rising Challenge untuk melahirkan wirausahawan baru. Kalau ini terjadi, maka pasar termasuk pasar mobil juga akan terus tumbuh," kata dia.

Sementara itu, Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia mengatakan, penjualan Datsun di Indonesia cukup fenomenal. Sebagai kendaraan yang diposisikan sebagai LCGC, mobil ini mampu menunjukan tajinya di pasar otomotif Tanah Air.

Penjualannya terus meningkat. Tercatat sepanjang tahun ini yakni dari Januari hingga Agustus, penjualan secara kumulatif telah mencapai 37.127 unit. Jumlah itu hampir mendekati target penjualan yang dipatok untuk tahun ini yang sebanyak 40.000 unit.

Ihwal profil pembeli yang 40-50 persen merupakan orang yang baru pertama kali membeli mobil, Indri mengamini. Menurutnya, sejak awal dekade 2000-an memang banyak sekali tambahan orang di kelompok kelas menengah. Mereka yang sebagian besar merupakan orang-orang berusia muda, banyak membutuhkan mobil.

"Dan Datsun menawarkan mobil yang pas dan sesuai kebutuhan mereka, harga terjangkau, hemat bahan bakar serta sekligus fungsional, karena kapasitasnya cukup besar," ucapnya.


(arf/lth)

0 comments:

Post a Comment