Tuesday, October 13, 2015

Ini Prototipe Jeep Mesin V-Ixion ala Siswa SMK Bandung

Ini Prototipe Jeep Mesin V-Ixion ala Siswa SMK BandungBandung - SMK Angkasa Bandung memamerkan dua hasil karya kreativitas para siswanya, yaitu Prototype Jeep dan motor ATV. Dua karya tersebut berhasil dibuat dengan menggunakan engine Yamaha V-Ixion, yang didonasikan Yamaha pada 2008 lalu.

Kepala Program Jurusan Teknik Kendaraan Ringan sekaligus pembimbing dua karya tersebut, Slamet Rahayu menjelaskan, baru terwujudnya dua karya itu karena terdapat beberapa kendala. Salah satunya dalam hal fasilitas.

Alhasil baru pada 2012 motor ATV hasil karya siswa SMK Angkasa Bandung terwujud. Menyusul 3 tahun kemudian tepatnya pada tahun ini, prototype mobil Jeep ikut diwujudkan berkat kerja tim siswa.

Sebanyak lima siswa tergabung dalam tim inti dari jurusan Teknik Kendaraan Ringam bekerjasama untuk merakit prototype Jeep dengan bantuan tim dari jurusan lain seperti tenaga listrik. Sedangkan untuk perakitan motor ATV telah dilakukan oleh alumni sebelumnya.

"Pada saat penerimaan (2008) lalu ada masalah pada fasilitas. Baru pada 2012 kami berhasil membuat ATV. Untuk prototype Jeep sendiri pada 2015 selesai dibuat dengan dana sharing antara yayasan dengan pihak sekolah," ujar Slamet Rahayu di SMK Angkasa Bandung, Selasa (13/10/2015).

Kesulitan yang dirasakan oleh tim dalam membuat prototype Jeep saat membuat dudukan yang tepat untuk diaplikasikan.

Slamet berkata, kesulitan lebih mengarah pada keseimbangan. "Kalau kita buat dudukan yang salah kita terus ulangi sampai tepat sesuai dengan rancangan," katanya.

Suku cadang yang digunakan untuk motor ATV merupakan murni rakitan para siswa mulai dari kaki-kaki serta kerangka. Sedangkan suku cadang yang digunakan dalam perakitan prototype mobil Jeep menggunakan beberapa merek mobil. Namun kerangka mobil adalah hasil rakitan siswa.

"Kalau perakitan Jeep spare part lebih banyak mengadopsi dari berbagai merek mobil. Tapi kerangka murni buatan siswa. Sedangkan ATV spare part seperti kaki-kaki dan kerangka mobil merupakan karya siswa," ungkapnya.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment