Tuesday, October 13, 2015

Sambut 5 Juta Mobil Listrik, China Perbanyak Stasiun Pengisian Baterai

Sambut 5 Juta Mobil Listrik, China Perbanyak Stasiun Pengisian BateraiBeijing - China sedang mempersiapkan targetnya untuk memperbanyak penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Pemerintah Negeri Tirai Bambu itu menargetkan, pada 2020 nanti akan ada 5 juta kendaraan bertenaga listrik yang ada di negara itu.

Seperti diberitakan China Daily, Selasa (13/10/2015), untuk menyambut 5 juta kendaraan listrik itu, China akan membangun stasiun pengisian baterai lebih banyak lagi. Ada beberapa titik yang dipilih untuk dibangun stasiun pengisian baterai.

Daerah pemukiman, kawasan bisnis, ruang publik, dan jalan raya antarkota akan disediakan stasiun pengisian baterai. Jadi, pengguna mobil listrik di China tidak perlu khawatir kehabisan daya di tengah perjalanan.

Komplek perumahan baru diharuskan membangun stasiun pengisian baterai. Sedangkan 10 persen lokasi parkir umum harus dijadikan fasilitas charging. Paling tidak setiap 2.000 rumah harus ada satu fasilitas pengisian baterai.

China memang memiliki aturan baru soal kendaraan ramah lingkungan. Salah satunya adalah dengan memberikan subsidi dan pemotongan pajak untuk mempromosikan penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Sebab, China bertekad untuk mengurangi emisi dan menghemat energi.

Kampanye soal kendaraan ramah lingkungan sudah menghasilkan pertumbuhan eksplosif dalam dua tahun terakhir. Bahkan, menurut data Asosiasi Produsen Otomotif China, pada delapan bulan pertama tahun 2015, pertumbuhan penggunaan mobil listrik di China melonjak 270 persen menjadi 108.654.


(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment