Friday, November 13, 2015

Berjalan Terlalu Pelan, Mobil Otonom Google Ditilang Polisi

Berjalan Terlalu Pelan, Mobil Otonom Google Ditilang PolisiCalifornia - Petugas Kepolisian California, Amerika Serikat, memberikan sanksi denda dan bukti pelanggaran (tilang) kepada mobil otonom atau mobil tanpa sopir besutan Google. Soalnya, mobil yang tengah diuji coba itu berjalan terlalu pelan sehingga tidak sesuai dengan peraturan.

Seperti dilaporkan CNN, Sabtu (14/11/2015), peristiwa itu mencuat menjadi buah bibir publik Amerika Serikat setelah gambar-gambar saat mobil ditilang petugas diposting di Google plus. “(Mobil) Berjalan terlalu pelan? Mungkin orang jarang sekali ditilang hanya gara-gara karena masalah ini,” sebut tim mobil Google di pstingan itu.

Memang, diakui, mobil buatan perusahaan mesin pencarian di internet itu berjalan dengan kecepatan 16 kilometer per jam. Namun, anggota tim Google mempunyai alasan tersendiri ihwal laju mobil itu, yakni demi alasan keamanan.

“Mobil itu memang berjalan pelan karena alasan keamanan. Selain itu, kami juga ingin membuat mobil ini ramah, bisa didekati orang, daripada mengebut yang tidak karuan sehingga membuat takut orang di sekitarnya,” ujar tim tersebut.

Mobil otonom Google itu sejatinya sudah cukup lama menyusuri jalanan. Tak kurang dari 1,9 juta kilometer jarak yang ditempuh secara bertahap. Artinya jarak yang ditempuhnya sudah lumayan jauh, bahkan setara dengan 90 tahun waktu yang dibutuhkan orang untuk mengemudi mobil.

Kejadian itu menimbulkan diskusi di masyarakat. Salah satu pendapat menilai peristiwa ditilangnya mobil Google itu unik. Pasalnya, baru kali ini sebuah teknologi dinilai melakukan pelanggaran yang berujung sanksi dan ditilang.

Pertanyaan publik selanjutnya adalah, lantas siapa yang bakal menjadi subyek yang menjadi tertuduh atas pelanggaran tersebut. Dengan kata lain, siapa obyek yang dikenai sanksi itu? Soalnya, mobil itu tidak dikendalikan oleh seseorang dari balik kemudi.

Sementara, hingga saat ini, belum ada sebuah peraturan khusus dari pihak berwajib, khususnya California Department of Motor and Vehicle, tentang mobil otonom. Meski, selama ini â€Â" tak hanya mobil Google saja â€Â" banyak mobil sejenis yang dites mondar-mandir di jalanan di Negeri Paman Sam itu.

Sedangkan sebagian kalangan lainnya, melontarkan pendapat berbeda. Mereka menyebut, faktanya, mobil yang melaju tanpa keterlibatan sopir itu juga bisa menpi dan berhenti tatkala petugas kepolisian memintanya menepi saat akan ditilang.

Artinya, sang operator yang sewaktu-waktu bisa mengambil alih kendali mobil bisa mengarahkan mobil. 

“Saya sangat yakin bahwa mobil tersebut mengerti ketika diminta berhenti oleh polisi. Meski cara kerja mesin dan pengendalian yang berbeda dari kendaraan pada umumnya,” tulis Christopher Espejo, salah seorang netizen yang menanggapi postingan tim mobil Google






(arf/arf)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment