Wednesday, January 27, 2016

'Hengkangnya Ford Jangan Mudah Diulangi oleh Pabrikan Lain'

Jakarta - Ford Motor Indonesia (FMI) secara tiba-tiba memutuskan untuk hengkang dari Indonesia. Dikhawatirkan, pabrikan lain yang mengalami kerugian nantinya juga bakal mudah angkat kaki dari Indonesia dan meninggalkan konsumennya.

Hal itu dikhawatirkan oleh David Tobing, seorang pengacara perlindungan konsumen sekaligus anggota Badan Perlindungan Konsumen Nasional Republik Indonesia. Jangan sampai, konsumen ditelantarkan begitu saja saat sebuah perusahaan otomotif memutuskan untuk berhenti beroperasi di Indonesia.

"(Merek) mobil lain nanti tiba-tiba keluar gampang banget. Padahal mobil ini udah banyak dipakai. Jangan segampang itu menarik diri tanpa ada persiapan m elindungi konsumen," tegas David saat berbincang kepada detikOto melalui sambungan telepon.

Dia melanjutkan, sebaiknya sebuah perusahaan otomotif jangan memikirkan soal bisnisnya saja. Sebab, perusahaan otomotif menjual produk yang digunakan secara berkelanjutan dan harus ada layanan purna jualnya.

"Intinya, jangan memikirkan bisnisnya semata. Karena dia menjual produk yang pemanfaatannya berkelanjutan, nah dia juga harus bertanggung jawab setelah produk itu dijual. Ya layanan purna jual," ucap David.

Hal itu tentu berbeda dengan produk yang tidak digunakan secara berkelanjutan. Dari peraturan Menteri Perindustrian pun diwajibkan bahwa sebuah perusahaan yang mengimpor kendaraan harus menjamin layanan purna jual.

"Kalau makanan kan habis, udah selesai. Ini produk, barang, yang pemanfaatannya berkelanjutan. Nah berkelanjutan sampai kapan? Ya sampai umur maksimal mobil itu bisa dipakai. Nah dia harus menjamin purna jualnya," kata David.
< br/>"Saya sih bukan menuntut duit di sini, enggak. Tapi lebih concern biar mereka (pabrikan lain) jangan sembarangan.
(rgr/ddn)

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play poker ..
tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment