Wednesday, April 27, 2016

Fiat Akali Emisi Gas Buang Juga?

Fiat Akali Emisi Gas Buang Juga?Berllin - Sebelumnya Volkswagen terbukti mengakali emisi gas buang, serta yang paling terhangat Mitsubishi yang mengakui kesalahan saat melakukan pengetesan konsumsi bahan bakar. Kini dikabarkan Fiat juga melakukan kecurangan. Benarkah?

Dilansir Autoblog, Rabu (27/4/2016), dugaan akan kecurangan Fiat kali ini muncul setelah salah salah satu media asal Jerman, Bild am Sonntag, mengumumkan adanya kecurangan yang dilakukan Fiat pada model bermesin diesel untuk mendapatkan emisi gas buang terbaik.

Investigasi pun langsung dilakukan di Jerman. Namun berbeda dengan Volkswagen, kecurangan Fiat ini baru diketahui di pasar Jerman saja, sedangkan Volkswagen di berbagai negara.

Kecurangan Fiat kali ini bukanlah menggunakan software saat pengujian kendaraan. Tapi, Fiat diduga mengakali jam pengujian emisi bahan bakar. Dikatakan, di Jerman setiap kendaraan diuji selama 20 menit. Dan Fiat dituduh memiliki sistem kontrol emisi NOx yang beroperasi hanya untuk 22 menit pertama ketika mobil dijalankan.

Dugaan kecurangan Fiat dengan sistem kontrol ini tercium setelah lembaga emisi gas buang di Jerman melakukan pengujian terhadap Fiat 500X diesel dan 52 mobil diesel lainnya yang berada di Jerman.

"Kami perlu melakukan tes lebih lanjut pada model Fiat. Pada bulan Februari, komunitas pecinta lingkungan menemukan data Fiat 500X memiliki tingkat NOx yang cukup tinggi saat dinyalakan pertama kali dari mesin dingin," kata German transport minister Alexander Dobrindt.

Fiat pun menjawab, pada saat itu Fiat telah melakukan kajian internal dan mendapatkan hasil bahwa mesin diesel mereka sudah mematuhi hukum yang ada.

Memang kabar kebohongan berbag ai pabrikan otomotif saat ini masih menjadi pusat perhatian seluruh dunia setelah Volkswagen mengumumkan kecurangan dengan mengakali gas buang, dilanjutkan oleh Mitsubishi yang mengakui melakukan kecurangan konsumsi bahan bakar di Jepang.

Terlebih, belum lama ini Mercedes-Benz juga mendapat pengaduan akan indikasi penggunaan software untuk mengakali emisi gas buang di Amerika Serikat.
(lth/rgr)

0 comments:

Post a Comment