Monday, January 21, 2013

Biar Irit, Honda Perkuat Skutiknya dengan Teknologi HET

Biar Irit, Honda Perkuat Skutiknya dengan Teknologi HET Manesar, India - Kalau biasanya sistem Eco selalu terdengar untuk roda empat, rupanya sistem ini juga juga diselipkan di tubuh motor Honda. Honda India menelurkan 3 skutik anyar yakni Activa, Aviator dan Dio. Ketiga motor ini dilengkapi dengan sistem irit BBM yang dinamai teknologi Honda Eco Technology (HET). Konsumsi BBM-nya bisa sampai 1:60.

Dalam siaran pers, Honda siap menerapkan teknologi HET di setiap varian skutik Honda di India.

Nantinya, HET dipasang mulai dari motor skutik berkapasitas 110 cc hingga 1.200 cc.

3 Motor skutik tadi menggendong mesin yang sama yakni mesin berkapasitas 109 cc empat-stroke, satu silinder dengan berpendingin udara.

Skutik ini mampu menyemburkan tenaga hingga 8 bhp di 7500 rpm, dan memiliki torsi hingga 5500 rpm.

Mungkin banyak yang belum terlalu paham akan sistem Eco yang ditawarkan Honda motor. HET merupakan teknologi mesin baru yang dikembangkan oleh R&D yang berbasis di Jepang, Thailand dan Manesar, India.

Teknologi ini pun mampu meningkatkan pembakaran dengan penggunaan busi nikel yang lebih baik, serta optimasi pada inlet.

Gesekan di ring piston telah ditekan dengan penggunaancrankshaft, ring piston, dan bearing oli yang yang disempurnakan, serta bobot mesin yang dikurangi.

Selanjutnya di dalam girboksnya, rasio pulley converter ditingkatkan untuk memberikan angka konsumsi BBM yang bagus tanpa mengorbankan daya.

0 comments:

Post a Comment