Thursday, April 11, 2013

Margaret Thatcher Ubah Wajah Industri Otomotif Inggris

Margaret Thatcher Ubah Wajah Industri Otomotif Inggris London - Meski telah tiada, mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher pantas untuk dikenang. Bukan hanya di arena politik, di industri otomotif pun 'Iron Lady' ini juga punya jasa penting.

Dilansir inautonews, Jumat (13/4/2013) Margaret Thatcher yang meninggal beberapa hari lalu tercatat memiliki jasa di industri otomotif Inggris. Dialah yang mampu mendorong perkembangan industri ini di Inggris hingga menjadi cukup maju.

Pada 1980-an produsen mobil Jepang mulai membangun pabrik perakitan di Inggris, dimulai dengan Nissan pada tahun 1986 di Sunderland. Ini adalah pabrik Jepang pertama di Eropa dan itu ada karena upaya Iron Lady.

Selain mendorong dibukanya kesempatan bagi merek-merek asing untuk membuka pabrik di tanah Inggris, Thatcher tercatat juga mendorong satu perubahan yang bisa dianggap sebagai perubahan terbesar di merek-merek Inggris.

Itu terjadi karena dia mendorong diperbolehkannya merek-merek mobil Inggris sahamnya dipegang oleh asing. Dia memulainya di 1989.

Ketika itu, Jaguar adalah merek Inggris pertama yang kepemilikannya dimiliki asing. Setelah aturan Thatcher ini berlaku, beberapa minggu kemudian Ford menghabiskan US$ 2,5 miliar atau senilai US$ 4,6 miliar pada uang saat ini untuk mendapatkan Jaguar.

Di sisi lain, General Motors (GM) mulai mengakuisisi 50% saham Saab.

Bola bergulir, pada tahun 1994 Rover Group dibeli oleh BMW dan kemudian dijual ke Ford yang memasukkannya ke dalam Premier Automotive Group bersama Volvo dan Aston Martin.

Meski kemudian Ford menjual semua merek Inggris mereka Aston martin, Land Rover dan Jaguar serta merek Swedia Volvo, langkah Thatcher ini bisa dibilang adalah pintu pembuka industri mobil Inggris untuk makin berkembang.

Sebab, dengan suntikan dana dari perusahaan asing, merek-merek Inggris itu mendapat kesempatan untuk makin berkembang dan tidak lagi menjadi 'jagoan kandang.'

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment