Wednesday, May 29, 2013

Ini Dia Cara Pemerintah China Atasi Kemacetan, Bagaimana Jakarta?

Ini Dia Cara Pemerintah China Atasi Kemacetan, Bagaimana Jakarta? Jakarta - Penyakit kota besar adalah kemacetan. Berbagai cara sudah harus dipikirkan oleh pemerintah setempat. Dan cara yang ditempuh pemerintah Guangzhou ini sepertinya bisa ditiru oleh pemerintah Jakarta.

Sama seperti Jakarta, Guangzhou menderita masalah kemacetan yang cukup serius setelah bertahun-tahun pertumbuhan mobil merajalela tanpa bisa kontrol pemerintah.

Akhirnya, Guangzhou pun mulai memperketat aturan kepemilikan kendaraan dengan mengadopsi cara yang digunakan Beijing dan Shanghai.

Seperti diketahui Beijing saat ini menerapkan sistem undian untuk mereka yang ingin membeli mobil baru dan mendapatkan pelat nomor. Sementara Shanghai menerapkan sistem lelang untuk mereka yang ingin mendapatkan pelat nomor mobil baru.

Nah, Guangzhou pun mengkombinasikan sistem di dua kota tersebut. Kini untuk mendapatkan pelat nomor, pejabat setempat menerapkan aturan yang ketat, terutama untuk mereka yang ingin memperpanjang pelat nomor setelah 10 tahun.

Untuk mereka yang memiliki mobil bermesin diatas 2.5 liter, maka untuk mendapatkan pelat nomor mereka harus ikut lelang. Sedangkan bagi yang memiliki mobil bermesin kecil akan dikenakan sistem lotre alias undian.

Dengan aturan tersebut, pemerintah berharap dapat mengurangi kemacetan dan mereduksi polusi udara.

Dalam setahun pemerintah Guangzhou sendiri hanya memberikan kuota 120.000 pelat nomor dalam setahun dan bulan Juni nanti akan mulai membatasi kendaraan yang diizinkan masuk ke dalam kota. Demikian dilansir China Car Times, Kamis (30/5/2013).

(syu/ikh)

0 comments:

Post a Comment