Wednesday, May 15, 2013

Kanker Kulit Ancam Pengendara Mobil

Kanker Kulit Ancam Pengendara Mobil Washington - Selain memproduksi emisi dan polusi, berkendara dengan mobil ternyata berpotensi menyebabkan penyakit lain. Tidak tanggung-tanggung, para pengendara ternyata terancam terkena kanker kulit karena berkendara.

Dalam penelitian terbaru terungkap kalau kanker kulit berpotensi untuk mereka yang berkendara di mobil. Kanker kulit itu banyak menyerang kepala dan leher.

Tidak dijelaskan bagaimana rincinya setiap orang --baik pria dan wanita-- terkena kanker kulit ini. Namun, penelitian yang dipublikasi di Journal of Investigative Dermatology seperti dikutip dari Wall Street Journal tersebut menyebutkan kalau kanker kulit itu tergolong ganas.

Kemungkinan besar, bila melirik dari bagian tubuh yang terkena kanker, bisa jadi kanker kulit itu timbul karena bagian kepala dan leher yang paling banyak terkena radiasi cahaya dari luar mobil.

Penelitian ini melibatkan 279 orang yang terdiri dari 121 pria dan 158 wanita yang terkena kanker.

Data menunjukkan ada dua pola yang berbeda. Pada pria, 57% dari kanker kulit melanoma menyebar di daerah perifer dari kepala dan leher, yang meliputi kulit kepala, dahi, telinga dan leher. Sementara itu, 43% berkembang di kelopak mata, hidung, pipi, dagu dan mulut.

Sedangkan pada wanita, 79% dari kanker berkembang di tengah wajah dan 21% di daerah perifer. Untuk wilayah sekitar wajah, umumnya pria terkena di bagian kiri dan di sisi kanan pada wanita. "Dan cenderung invasif," kata peneliti.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment