Wednesday, May 15, 2013

Suka Gunakan Ponsel Saat Nyetir, Orang Tua Lebih Nakal dari Anak Muda

Suka Gunakan Ponsel Saat Nyetir, Orang Tua Lebih Nakal dari Anak Muda Jakarta - Anak-anak muda sering kali dianggap sebagai golongan pengendara yang nakal saat mengemudi karena suka memainkan ponsel. Tapi anggapan itu salah. Orang tua lebih nakal untuk urusan itu dibanding anak muda.

Paling tidak, itulah yang tergambar dalam survei yang dilakukan oleh perusahaan komunikasi AT&T. Mereka menjelaskan kalau para orang tua suka menggunakan smartphone mereka saat mengemudi untuk mengirim pesan teks atau memeriksa email meskipun hampir semua dari mereka setuju bahwa itu tidak aman.

Survei itu dilakukan AT&T pada Desember tahun lalu dengan bertanya pada 1.011 orang terkait kebiasaan mengakses ponsel saat mengemudi.

Hasilnya, dari orang dewasa yang disurvei, 49 persen mengaku bahwa mereka mengecek atau mengirim SMS saat mengemudi dan 60 persen mengatakan bahwa mereka tidak tahan jauh dari smartphone mereka saat di belakang kemudi.

Anehnya, dari 98 persen responden survei menyatakan bahwa mereka percaya SMS saat mengemudi tidaklah aman. Demikian dilansir Left Lane News.

Itu adalah orang tua, dan sebagai perbandingan, sebelumnya USA Today melansir kalau sekitar 43 persen remaja mengakui bahwa mengirim atau mengecek SMS saat mengemudi. Angka itu lebih kecil dari persentase orang tua.

"(Anda) melihat sekitar 10 juta pengendara remaja, tapi ada sekitar 180 juta pengendara dewasa lainnya," kata National Safety Council Amerika Serikat John Ulczycki.

Senior vice President AT&T Charlene Lake pun mengakui bahwa dia terkejut kalau orang dewasa ternyata lebih cenderung mengakses SMS dibandingkan remaja.

"Ini merupakan hal yang memilukan menyadari bahwa SMS saat mengemudi di orang dewasa tidak hanya tinggi, itu benar-benar sudah naik dalam tiga tahun terakhir," katanya.

Terlebih, dari orang dewasa yang disurvei 43 persen mengatakan kalau mereka mengakses SMS saat berkendara telah menjadi kebiasaan, sementara 22 persen mengatakan mereka ingin "tetap terhubung" saat di belakang kemudi.

Dan yang memilukan, sekitar 18 persen responden mengatakan bahwa SMS saat mengemudi membuat mereka "lebih produktif." Dari responden yang disurvei, hampir dua-pertiga dari responden survei adalah perempuan dan sebagian besar berusia antara 25 dan 54.

Otolovers punya pengalaman mengenai telepon genggam dan kendaraan Anda? Kirim cerita Anda ke redaksi@detikoto.com.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment