Wednesday, May 15, 2013

Nyetir Sambil SMS-an, Lebih Bahaya dari Alkohol dan Ganja

Nyetir Sambil SMS-an, Lebih Bahaya dari Alkohol dan Ganja Washington - Sudah banyak yang menyuarakan bahayanya menggunakan ponsel saat mengemudi. Main ponsel saat nyetir bahkan lebih bahaya dibanding mengemudi sambil mabuk minuman keras.

Di Amerika Serikat tiap tahun lebih dari 3.000 remaja tewas di jalanan akibat iseng membaca atau mengirim pesan. Angka itu lebih tinggi dari angka kematian di jalan karena pengaruh alkohol yang hanya 2.700 remaja.

Tragisnya, 50 persen remaja di Amerika mengaku kalau mereka suka membaca atau mengirim pesan saat berkendara. Dan hingga kini, hukum terkait penggunaan ponsel pun tidak mampu secara efektif meredam kebiasaan tersebut meski juga sudah banyak hal yang dilakukan baik pemerintah atau swasta.

"Kenyataannya, remaja tidaklah minum minuman keras tujuh hari per minggu. Mereka membawa ponsel dan SMS-an tujuh hari per minggu, jadi Anda secara intuitif tahu kalau ini akan terjadi," kata peneliti dari Cohen Children Medical Center Dr Andrew Adesman seperti detikOto kutip dari Daily Mail.

Bila seseorang mencoba membaca atau mengirim pesan saat mengemudi, maka konsentrasi pengemudi itu berkurang hingga 79 persen atau 7 kali lebih parah dari minum atau bahkan pengaruh ganja.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment