Tuesday, July 30, 2013

AISI Sentil Buruknya Jalanan Indonesia

AISI Sentil Buruknya Jalanan Indonesia Jakarta - Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menilai selain masalah kesadaran diri, infrastruktur jalan juga menjadi faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Ini yang masih sulit dikoordinasi antar pihak yang satu dengan yang lain. Masalah infrastruktur jalan di Indonesia masih sangat buruk," kata Gunadi saat berbincang dengan detikOto di Jakarta Selatan, Senin (29/7/2013).

Dia menjelaskan lebih dalam, contohnya seperti pembatas busway dan jalan yang berlubang terkadang menjadi maut bagi pengendara mobil atau sepeda motor. Terkadang penempatan pembatas busway tidak sesuai dengan keadaan jalan atau tidak didukung dengan teknis yang cukup baik.

"Kita membuat infrastruktur itu asal jadi, bukan hanya busway tapi juga jalanan yang berlubang. Bagi sepeda motor jika dihadapkan dengan jalan berlubang sudah pasti celaka," katanya lagi.

Jadi setiap jalan terutama yang tidak diterangi lampu harus dipasangkan lampu lalu lintas dan jalan busway itu harus ada reflektor atau mata kucing.

"Ini akan sangat membantu pengguna jalan raya, apalagi sering kali kita juga menghadapi jalan yang tidak bagus, itu juga bisa memicu terjadinya kecelakaan," lugasnya.

Lalu apa yang menjadi problem terkait infrastruktur jalan, padahal pajak dari sepeda motor saja sudah sangat besar kepada pemerintah?

"Problem disini itu kita tidak punya visi bersama untuk bagaimana memberikan fasilitas mobilitas ke masyarakat kita secara baik, benar dan tepat serta selamat atau aman. Pemerintah masih minim memikirkan hal itu," tuntasnya.

(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment