Wednesday, January 29, 2014

Di Inggris, Merokok dalam Mobil Bakal Dilarang

Di Inggris, Merokok dalam Mobil Bakal DilarangLondon - Merokok adalah kebiasaan yang berbahaya. Bukan hanya bagi si perokok, tapi juga orang di sekitarnya. Di Inggris sedang dipersiapkan aturan yang bakal menghukum perokok yang merokok di dekat anak kecil.

Dilansir Telegraph, Rabu (29/1/2014) saat ini, aturan tersebut tengah digodok di majelis tinggi Inggris atau House of Lords yang akan segera masuk ke tahap pemungutan suara.

Bila aturan itu disetujui, maka para perokok akan dilarang merokok di sekitar anak-anak. Termasuk ketika mengemudi. Bila si pengemudi merokok ketika ada anak kecil di mobil yang menjadi penumpang, maka dia bisa dihukum.

Ini akan menambah daftar larangan bagi perokok di Inggris. Sebelumnya, merokok di tempat kerja dan di ruang umum tertutup sudah dilarang sejak 2007.

Di sisi lain, larangan merokok di mobil yang membawa anak-anak sendiri sudah di terapkan di beberapa negara bagian di Amerika, Australia, Kanada dan beberapa negara di Eropa.

Langkah Inggris untuk mengikuti aturan ini juga banyak mendapat dukungan. Penelitian yang dilakukan di 2011 menemukan kalau 78 persen orang dewasa di Inggris setuju bahwa merokok harus dilarang di mobil yang membawa anak-anak muda dibawah usia 18 tahun, sementara 44 persen setuju bahwa merokok harus dilarang di semua mobil.

Penelitian lain juga menyebutkan kalau konsentrasi asap rokok di mobil terhitung 23 kali lebih beracun bila dibanding asap rokok di rumah.


0 comments:

Post a Comment