Wednesday, January 29, 2014

India Mau Bangun Fasilitas Crash Test Mobil, Indonesia Kapan?

India Mau Bangun Fasilitas Crash Test Mobil, Indonesia Kapan?Jakarta - Meski sama-sama negara berkembang, pemerintah India memiliki visi yang lebih jauh dari Indonesia. Pemerintah India kini tengah mempersiapkan fasilitas crash tes untuk uji tabrak semua model mobil baru yang akan dijual di negara itu untuk menguji tingkat keamanannya.

Saat ini Kementerian Transportasi India menurut India Times tengah mempersiapkan fasilitas itu di Chennai. Kemungkinan 1,5 tahun lagi fasilitas itu selesai dan akan menerapkan New Car Assessment Programme (NCAP).

Langkah ini membuat India jadi seperti Eropa dimana semua model mobil baru harus lulus tes keamanan tertentu sebelum dijual.

Bahkan negara-negara maju seperti Amerika Serikat mereka punya program penilaian mobil yang membuat peringkat mobil berdasarkan fitur keselamatan dan informasi ini tersedia untuk publik sehingga konsumen dapat mengambil keputusan yang tepat.

Fasilitas yang diberi nama National Automotive Testing and R&D Infrastructure Project (NATRiP) akan membantu Centre of Excellence for Passive Safety. Selain kedua fasilitas tadi, India juga memiliki dua passive safety facilities lain iCAT dan ARAI.


0 comments:

Post a Comment