Wednesday, January 29, 2014

Mobil Bakal Lebih Peka Mendeteksi Pejalan Kaki

Mobil Bakal Lebih Peka Mendeteksi Pejalan KakiMunich - Perkembangan teknologi mobil akan semakin maju. Kendaraan roda empat atau lebih nantinya tidak hanya bisa mendeteksi pejalan kaki di depan atau di samping mobil, tetapi juga mendeteksi pejalan kaki yang 'tersembunyi'.

Dilansir gizmag, Kamis (30/1/2014) teknologi tersebut sedang dikembangkan Technische Universitaet Muenchen. Dengan teknologi ini mobil akan semakin peka dengan pejalan kaki dan dapat mendeteksi pejalan kaki yang tidak berada dalam garis pandang mobil.

Dalam perencanaannya, Technische Universitaet Muenchen akan menyematkan aplikasi pada smartphone pada penjalan kaki yang terkoneksi dengan mobil.

Sistem ini bekerja menggunakan sinyal atau memanfaatkan fitur GPS di ponsel yang terkoneksi dengan mobil. Mobil akan menentukan lokasi setiap pejalan kaki.

Aplikasi yang tersedia di mobil akan membaca setiap sinyal yang mendekat, jika terlalu dekat maka memungkinkan mobil melakukan pengereman otomatis.

Fitur ini diakui bisa menyelamatkan pejalan kaki ketika berjalan keluar dari sela-sela mobil, keluar dari rumah atau gang sempit. Fitur tersebut terus dikembangkan sampai mencapai tahap sempurna untuk menunjang industri otomotif di masa depan.


0 comments:

Post a Comment