Wednesday, January 29, 2014

Di Mana Markas Baru Fiat dan Chrysler?

Di Mana Markas Baru Fiat dan Chrysler?Detroit - Setelah melewati proses yang cukup rumit, Fiat dan Chrysler menyelesaikan proses merger. Kedua perusahaan mobil beda negara itu melebur menjadi satu dengan perusahaan induk baru yang dinamai Fiat Chrysler Automobiles.

Nah yang menjadi pertanyaan berikutnya, adalah di negara mana markas utama Fiat Chrysler? Jawaban dari pertanyaan ini seperti dilansir dari USA Today akan tetap menjadi misteri, setidaknya untuk beberapa bulan ke depan.

Baik markas Chrysler di Auburn Hills, Michigan dan Fiat di Turin di Italia belum disebutkan sebagai markas besar.

Jika mereka memilih Amerika, maka akan menimbulkan kontroversi di Italia, yang memiliki karyawan cukup banyak.

Sementara jika dipindahkan ke Italia, juga akan menimbulkan kontroversi mengingat status Chrysler yang pernah di-bail out melalui dana pajak warga negara Amerika. Warga Amerika setidaknya akan merasa marah jika perusahaan yang mereka bayari, justru keluar dari AS.

CEO Fiat dan Chrysler Sergio Marchionne sering becanda kalau markas utamanya adalah di pesawat terbang. Dia selalu berpergian dari Italia ke Amerika, tidur di pesawat selama terbang.

Bos-bos Chrysler dan Fiat lainnya pun sama dengan Marchionne. Mereka mempunyai kantor di Auburn Hills, dan Turin dan juga berbagai kota lainnya di seluruh dunia.

Namun yang pasti dengan merger senilai US$ 4,35 miliar ini, Fiat Chrysler Automobiles akan menjadi induk kedua merek dan akan terdaftar di bursa saham Belanda. Namun mereka juga akan mendaftarkan sahamnya di New York kemudian menyusul Milan. Sementara untuk urusan perpajakan mereka memilih Inggris sebagai markasnya.

Detail mengenai business plan FCA akan dirilis perusahaan pada bulan Mei mendatang.


0 comments:

Post a Comment