Wednesday, January 29, 2014

Toyota Rancang Tangki Mobil Hidrogen yang Antipeluru

Toyota Rancang Tangki Mobil Hidrogen yang AntipeluruJakarta - Salah satu keraguan banyak orang terkait mobil berbahan bakar hidrogen adalah masalah keamanannya. Sebab, bila meledak, mobil berbahan bakar hidrogen jadi bagai bom. Nah, Toyota pun merancang mobil hidrogen yang memiliki tangki bahan bakar kuat bahkan antipeluru.

Kekhawatiran terkait keamanan tangki hidrogen di mobil fuel-cell ini sudah dipikirkan oleh para insinyur Toyota.

Wakil Presiden Toyota Motor Sales AS Bob Carter mengatakan kalau untuk menyakinkan diri, para insinyur pun menembakkan piston berkaliper kecil pada dua tangki serat karbon yang berisi hidrogen.

Ketika dites, lanjutnya, peluru ternyata malah memantul. Kurang puas, para insinyur menggunakan peluru yang lebih besar, kaliber .50. Ketika ditembakkan peluru itu hanya membuat tangki sedikit penyok tanpa membuat tangki itu bocor.

"Kami ingin tahu apa yang diperlukan untuk benar-benar menusuknya," kata Carter di autonews, Kamis (30/1/2014).

"Ini hanya satu dari seribu tes yang berbeda yang kami lakukan untuk memastikan daya tahan kendaraan. Kami ingin benar-benar yakin tentang integritas sistem," lanjutnya lagi.

Honda sendiri sudah siap menjual mobil berbahan bakar hidrogen pada 2015 mendatang. Namun, CEO Nissan Carlos Ghosn, CEO Tesla Motors Elon Musk dan CEO Volkswagen of America Jonathan Browning sempat meragukan moda transportasi berbahan bakar hidrogen.

Bukan hanya masalah keamanannya, tapi juga masalah infrastruktur pengisian bahan bakar yang masih minim, bahkan di negara maju sekalipun.

"Secara pribadi, Saya tidak benar-benar peduli apa yang Elon dan Carlos dan Jonathan katakan tentang fuel cell," tukasnya.


0 comments:

Post a Comment