Thursday, June 26, 2014

Tahukah Anda Ada Lampu Pendeteksi Kerusakan di Motor Injeksi?

Tahukah Anda Ada Lampu Pendeteksi Kerusakan di Motor Injeksi?Jakarta - Salah satu keunggulan sistem injeksi adalah minim perawatan. Komponen pada sistem injeksi tidak memerlukan pembersihan dan perawatan secara berkala. Namun, ada indikator ketika motor mulai bermasalah. Nah inilah cara membaca indikator tersebut.

Kemudahan perawatan pada sistem injeksi terjadi karena cukup melakukan penggantian saringan bahan bakar setiap 48 km untuk merawatannya.

Pada setiap motor yang mengadopsi sistem PGM-FI atau Pragrammed Fuel Injection di Honda, pada dasarnya dilengkapi alat (lampu) MIL alias Mallfunction Indicator Lamp di panel indikator di tengah stang.

Lampu yang biasanya berlambang pompa bensin berwarna kuning itu akan memberikan signal kedipan lampu untuk memberitahu kondisi motor. Berdasarkan kode signal kedipan MIL itu kita kemudian dapat menganalisa kemungkinan terjadi kelainan. Bisa pada rangkaian sistem atau sensor.

Ini adalah cara mudah untuk mengetahui masalah pada motor untuk mempersiapkan penanganannya.

Terdapat 2 jenis kedipan di MIL yang terjadi saat motor baru dinyalakan dalam posisi ON. Pertama adalah kedipan pendek (0,3 detik) dan kedipan panjang (1,3 detik). MIL yang berkedip pendek bisa dibaca sebagai angka 1 dan MIL yang berkedip panjang berarti angka 10.

Fitur-fitur yang dideteksi oleh MIL antara lain Manifold Absolute Pressure (MAP) dengan kode MIL 1, Sensor EOT (Engine Oil Temperature) atau sensor ECT (Engine Coolant Temperature) berkode 7, TP (Throttle Position) berkode 8 dan IAT (Intake Air Temperature) berkode 9.


0 comments:

Post a Comment