Friday, July 11, 2014

'Esemka Bukan Jokowi'

Jakarta - Mendengar kata Esemka, banyak orang akan ingat pada sosok Joko Widodo. Namun pihak Esemka menegaskan tidak ada keterkaitan antara pengembangan Esemka dengan capres tersebut. Meski begitu, Esemka berharap siapa pun presiden yang nanti terpilih akan memperhatikan benar industri lokal agar bisa berkembang.

Koordinator Pembelajaran Industri Kreatif di SMKN 2 Surakarta, Dwi Budhi Martono menjelaskan kalau saat ini Esemka masih terus diproduksi. Tiap bulannya ada 20-25 unit Esemka yang lahir ke dunia.

"Esemka itu siapa pun presidennya, ini kita akan tetap berjalan terus. Terus terang saja tidak ada keterkaitan antara Pak Jokowi, dan Pak Prabowo," ujarnya kepada detikOto. "Pas (Jokowi) jadi gubernur saja tidak dipakai mas," tambahnya.

Karena itu, siapa pun presiden yang terpilih nanti, dia berharap sang presiden punya komitmen untuk mengembangkan industri dalam negeri. Sebab dengan begitu akan lahir kemandirian nasional yang pada akhirnya akan membuat indonesia kuat.

Bulan ini saja, Esemka mengirimkan beberapa unit produknya ke berbagai daerah mulai dari Kediri, Lampung, Tasikmalaya, Wonogiri, Surabaya dan Gresik.

Permintaan terkait Esemka menurutnya cukup besar, hanya saja keterbatasan biaya produksi menjadi salah satu alasan kenapa hanya sedikit Esemka yang bisa mereka produksi tiap bulannya.

Meski begitu, Esemka menurutnya adalah satu entitas yang mandiri, yang tidak tergantung dari sokongan pemerintah. Itu mereka lakukan karena Esemka sebenarnya memang memiliki peluang untuk berkembang.


0 comments:

Post a Comment