Friday, July 11, 2014

Harapan Esemka pada Presiden Terpilih

Harapan Esemka pada Presiden TerpilihJakarta - Indonesia saat ini sedang menunggu pengumuman siapa yang akan menjadi presiden. Siapa pun presidennya, mobil karya anak SMK, Esemka, berharap siapa pun presiden kelak akan memperhatikan industri nasional.

Hal itu diutarakan oleh Koordinator Pembelajaran Industri Kreatif di SMKN 2 Surakarta, Dwi Budhi Martono kepada detikOto, Jumat (11/7/2014).

Esemka, menurut pria yang akrab disapa Toto ini tidak mau dibawa ke ranah politik. Esemka, lanjutnya, adalah perjuangan anak-anak SMK yang sejak 2009 mulai mengembangkannya.

Di 2012, siswa-siswa SMK itu kemudian dengan serius mengujidan mengevaluasi ketahanan dan berbagai fitur di Esemka. Fitur-fitur terkini pun sudah mereka sematkan mulai dari ABS (Anti-lock braking system) atau EBD (Electronic brakeforce distribution).

Berbagai uji ketahanan pun mereka lakukan untuk membuktikan keamanan (safety) kendaraan.

Karena sibuk mengembangkannya, produksi serius Esemka baru dilakukan pada akhir 2013 sekarang. Saat ini sudah 50 unit Esemka yang ada di jalan. Angka itu diakui Toto masih kecil, sebab potensi Esemka sangat besar karena bisa masuk di 11.000 koperasi SMK yang ada di Indonesia.

Keterbatasan dana adalah sebab musabab kenapa Esemka belum bisa diproduksi secara massif.


0 comments:

Post a Comment