Friday, July 11, 2014

FDR: Teknologi Baru, Konsumen Bisa Hemat

FDR: Teknologi Baru, Konsumen Bisa HematJakarta - Produsen ban nasional, FDR, baru saja memperkenalkan teknologi ban terbaru mereka, Eco Smart Tire. Dengan teknologi ini, FDR mengklaim kalau produsen bisa menghemat banyak uang.

Sebab, FDR yang diproduksi oleh PT Suryaraya Rubberindo Industries mengklaim kalau teknologi ban ini mampu membuat konsumsi bahan bakar minyak lebih hemat sehingga lebih ramah lingkungan.

"Memang keluarnya agak banyak, tapi perhitungan kita bisa hemat Rp 150 ribu," kata Herry Junaidi, direktur marketing PT SRI.

Pengembangan konsep eco product ini sudah mereka mulai sekitar 3 tahun yang lalu melalui kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dalam lomba irit bahan bakar se-Asia, Shell Eco-Marathon.

Terakhir, FDR bekerja sama dengan tim Sadewa Otto dari Universitas Indonesia untuk kelas Urban Concept Gasoline Shell Eco-Marathon 2014 di Manila, Filipina. Dengan menggunakan ban prototipe FDR yang mengusung teknologi EST, tim Sadewa Otto berhasil menempuh 301.7 km dalam satu liter bensin dan raih juara pertama.

"Teknologi ban ini sangat bagus," kata Sadewa Team Manager Dimas Cahya Negara.

Pada tahap pertama, teknologi EST ini akan dilansir ke pasaran melalui pattern Facio yang tersedia dalam ukuran 80/90-14 dan 90/90-14.
Ban FDR dengan teknologi EST ini menggunakan material kompon yang berbeda dengan ban regular sehingga memberikan koefisien gesek ban dengan aspal yang lebih rendah.

Dalam pengujian yang menggunakan metode pengujian full to full, ban FDR dengan teknologi EST bisa menghemat bahan bakar hingga 7,1%.


0 comments:

Post a Comment