Friday, September 19, 2014

Daya Jelajah Mobil Hidrogen Toyota Sejauh 700 Km

Daya Jelajah Mobil Hidrogen Toyota Sejauh 700 KmJakarta - Toyota mengembangkan teknologi ramah lingkungan tingkat tinggi yang jauh lebih maju yaitu kendaraan Fuel Cell Vehicle (FCV) berbahan bakar hidrogen. Mobil itu dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 yang digelar 18-28 September mendatang.

Berdasarkan riset yang dilakukan Toyota, kemampuan jelajahnya lebih panjang dengan sekali pengisian bahan bakar untuk jarak sekitar 700 km.

Di samping itu, proses pengisian bahan bakar hidrogen juga jauh lebih cepat yaitu sekitar 3 menit sampai 5 menit dibandingkan pengisian setrum mobil listrik yang bisa berjam-jam.

Periode pengisian bisa cepat karena tidak membutuhkan tangki besar bagi hidrogen untuk bisa mencapai jarak yang ditempuh mesin bensin.

Toyota menggunakan teknologi penambah voltase sehingga bisa menghasilkan tenaga tiga kali lipat dibandingkan komponen sel bahan bakar sebelumnya.

Sebagai perbandingan, satu tangki penuh bahan bakar hidrogen bisa memberi pasokan listrik satu rumah selama satu pekan. Dari sisi kecepatan, mobil ini juga tidak kalau jauh, mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam dicapai dalam 10 detik. Kecepatan maksimum 170 km/jam.

Galeri Foto: Toyota Pamer Mobil Ramah Lingkungan

"Pemakaian hidrogen ini membuat mobil FCV Toyota benar-benar ramah lingkungan karena tidak ada emisi (zero emission). Sisa pembakarannya keluar dalam bentuk air (H2O) sehingga betul-betul ramah untuk lingkungan," kata GM Technical Service PT Toyota-Astra Motor (TAM) Dadi Hendriadi di booth Toyota hall D JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat (19/9/2014).

General Manager Corporate Planning and Public Relations Widyawati menambahkan, Toyota Indonesia merasa beruntung bisa memajang Toyota FCV ini karena bisa memberikan gambaran ke pengunjung IIMS satu kemajuan teknologi industri otomotif dalam menghadapi tantangan mobilitas di tengah semakin langka dan mahalnya sumber energi di masa depan.

Sampai saat ini, Toyota satu-satunya pabrikan otomotif yang berhasil mengembangkan kendaraan berbahan bakar hidrogen yang siap dijual ke pasar.

0 comments:

Post a Comment