Wednesday, October 1, 2014

Asterion, Si Dewa Banteng Lamborghini

Asterion, Si Dewa Banteng LamborghiniParis - Pabrikan mobil sport sekelas Lamborghini akhirnya takluk juga dengan perkembangan zaman. Setelah sempat enggan merilis mobil hybrid, Lamborghini kini mulai menggunakan teknologi itu pada si dewa banteng terbarunya, Asterion.

Di malam Paris Motor Show, saat perkenalan mobil-mobil terbaru keluaran VW Group, Lamborghini membuka selubung mobil super hybrid pertamanya itu.

Mobil itu memiliki nama lengkap Lamborghini Asterion LPI 910-4. Dari sisi namanya saja Lamborghini sudah memiliki sejumlah arti.


LP merupakan singkatan dari Longitudinal Posterior atau mobil dengan mesin di tengah. Huruf I berarti Ibrido atau hybrid dalam bahasa Italia. Sedangkan Asterion adalah dana seorang dewa mitologi Yunani yang setengah banteng dan setengah manusia. Angka 910 sendiri berarti tenaga yang dikeluarkan si banteng ini.


Lamborghini menggunakan sistem hybrid yang membuat mobil itu bisa berlari sejauh 50 km dalam mode listriknya.

Sistem hybrid itu terdiri dari mesin 5.2 liter V10 yang dilengkapi dengan 3 motor listrik. Masing-masing keduanya memiliki tenaga 610 daya kuda dan 300 daya kuda, sehingga totalnya 910 daya kuda.


Gabungan dari keduanya itu membuat mobil bisa berlari dari 0-100 km per jam dalam waktu 3 detik. Kecepatan maksimum mobil dapat dicapai 320 km per jam. Sementara jika menggunakan mode listriknya, mobil bisa melaju secepat 125 km per jam.

Keterangan Foto: Presiden dan CEO Lamborghini Stephan Winkelmann memperkenalkan Asterion.



0 comments:

Post a Comment