Wednesday, November 26, 2014

Arjuna Si Mobil Listrik UGM

Arjuna Si Mobil Listrik UGMYogyakarta - Arjuna, mobil listrik karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) juara dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) di Bandung. Arjuna dinobatkan sebagai mobil listrik tercepat karena berhasil mengalahkan 23 mobil listrik buatan mahasiswa dari 19 perguruan tinggi lainnya.

Kompetisi digelar pada tanggal 14-16 November lalu di Politeknik Negeri Bandung. Mobil listrik tersebut buatan 16 mahasiwa UGM dari prodi teknik mesin, Fakultas Teknik dan prodi Elektronika dan Instrumentasi, Fakultas MIPA berhasil meraih juara 1 untuk kategori kecepatan.

Mobil Arjuna ditetapkan sebagai juara setelah mampu menempuh jarak 10 kilometer dalam 12 menit 32 detik. Mobil yang memiliki kecepatan 60 km/jam ini dirakit dengan menghabiskan dana sebesar Rp 37,5 juta. Selain itu mobil yang dirancang selama 6 bulan ini juga berhasil menjadi juara ketiga untuk kategori efisiensi.

"Mobil mencatat finish 12 menit untuk 10 lap atau sekitar 10 km. Mobil ini memecahkan rekor mobil tercepat sepanjang 6 kali kompetisi ini dilaksanakan," kata Moch. Ryan Ardiansyah, Ketua Tim Arjuna UGM kepada wartawan di kampus UGM, Rabu (26/11/2014).

Menurut dia, mobil listrik generasi ketiga buatan mahasiswa UGM ini menggunakan 2 buah motor BLDC 48 Volt; 45 Ah; 1000 W dengan 2 buah controller. Mobil ini masih menggunakan sumber tenaga dari aki 12 V; 45 Ah sebanyak 4 buah yang dirangkai seri serta konstruksi rangka mobil seperti mobil formula agar keamanan pengemudi serta kestabilan mobil tetap terjaga saat melaju.

"Penggunnaan aki kita sesuaikan dengan peraturan di kompetisi ini," katanya.

Dia mengatakan mobil listrik pada umumnya menggunakan baterai. Namun mobil ini menggunakan aki. Hal itu tidak menjadi masalah bagi timnya, apabila dalam kompetisi di tahun depan diharuskan menggunakan baterai mobil listrik.

Ia bersama 16 anggota tim lainnya akan berusaha mengembangkan baterai mobil listrik. Kendati harga baterai mobil listrik diperkirakan hampir sama dengan harga mobil Arjuna.

Sementara itu driver Arjuna, Basirudin Qori Wicaksono mengaku dirinya tidak mengalami kendala dalam mengendarai Arjuna. "Bedanya kecepatan mobil ini tiga kali lebih cepat dibanding saat pertama dikembangkan. Manuver dan suspensinya pun jauh lebih enak,” katanya.


(bgs/lth)

0 comments:

Post a Comment