Wednesday, November 26, 2014

Pak Ahok, Ini Bus Tingkat Buatan Mercy

Pak Ahok, Ini Bus Tingkat Buatan MercyJakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan armada bus tingkat untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. Dan pabrikan pun sudah mulai berburu untuk mendapatkan angka pemesanan bus tingkat.

Seperti halnya Mercedes-Benz. Merek bus yang sudah terkenal dengan kenyamanannya memperkenalkan bus OC 500 RF 2542.

"OC 500 RF 2542 ini bus yang mencetak rekor, paling panjang dan paling kuat, advance dan paling nyaman. Membawa tingkat kenyamanan ke level yang baru," ujar Director of Sales Commercial Vehicle PT Mercedes-Benz Indonesia Olaf Petersen di Sofitel, Nusa Dua, Bali, Kamis (27/11/2014).

Bus memiliki panjang maksimal sampai 13,5 meter dan bisa ditambah juga kursinya sebanyak 2 baris, ada juga space frame untuk bagasi ekstra yang bisa menyimpan beberapa motor sekaligus. Bus pun memiliki turning circle rendah sehingga gampang berputar.

Mercy tengah menyiapkan versi bus tingkat. Namun pastinya harus menemui spesifikasi tertentu. Misalnya kecepatan bus tidak boleh melebihi 100 km per jam, wheelbase sekitar 6 meter tinggi sekitar 4 meter, dan bobot di bawah 4 ton untuk menjaga bus tingkat tidak mengalami roll over.

"Kami bisa membuat bus tingkat dan kami sudah mempersiapkannya," ujar Olaf.

Dari sisi teknis sasis OC 500 RF 2542 menggunakan mesin 6 silinder berkapasitas 11.967 cc yang memiliki daya maksimum 442 hp pada 1.900 rpm dan torsi maksimum 1.900 Nm. Tenaga tadi disalurkan ke roda melalui transmisi 12 speed transmisi ZF. Transmisi ini aslinya manual tetapi diotomatiskan, jadi bus tidak memiliki pedal kopling, hanya gas dan rem saja.

Untuk menahan laju, ada rem cakram di 8 rodanya. Rem cakram pastinya memiliki kelebihan lebih cepat dingin sehingga terhindar dari overheating atau rem blong. Bus memiliki brake pad wear monitoring.



(ddn/lth)

0 comments:

Post a Comment