Wednesday, February 4, 2015

Berkendara Aman di Musim Hujan ala Pebalap

Berkendara Aman di Musim Hujan ala PebalapJakarta - Tidak sama seperti berkendara dalam kondisi jalan kering, berkendara di saat hujan membutuhkan teknik khusus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama berkendara dalam kondisi jalan basah.

Duta Safety Driving yang juga pebalap nasional, Rifat Sungkar menuturkan, kecepatan yang ditempuh saat musim hujan harus dikurangi. Menurutnya, saat jalanan basah kecepatan mobil harus setengahnya dari kebiasaan berkendara pada jalan kering.

Kecepatan kita setengahnya dari jalan kering. Tapi kenyataannya kalau buru-butu orang enggak pakai teori itu," kata Rifat di Jakarta.

Untuk itu, persiapan manajemen waktu harus dilakukan pengemudi agar tidak terburu-buru. Soalnya, di musim hujan faktor yang mempengaruhi kemacetan jalan lebih mungkin terjadi.

"Manajemen waktu itu sangat penting apalagi hujan. Di musim ujan faktor X lebih tinggi," ujar Rifat.

Faktor kedua yang sering disepelekan adalah perawatan kendaraan. Menurut Rifat, kendaraan lama atau baru sama-sama memiliki risiko kecelakaan di musim hujan.

Untuk itu, disarankan agar selalu mengecek kendaraan. Mulai dari fungsi ban hingga rem harus selalu diperiksa secara rutin.


0 comments:

Post a Comment