Wednesday, February 4, 2015

Dari Kacamata Safety Driving, Tindakan Ichiro Salah

Dari Kacamata Safety Driving, Tindakan Ichiro SalahJakarta - Masyarakat Jakarta akhir-akhir ini mulai digemparkan oleh mobil Suzuki Vitara yang dikenal dengan Ichiro. Dengan berani, tak takut mobilnya rusak, pemilik mobil itu melakukan penertiban kepada pelanggar lalu lintas.

Namun, cara pemilik Suzuki Vitara yang sudah dimodifikasi menjadi mobil offroad dalam menertibkan pelanggar lalu lintas itu menuai kontroversi. Ichiro tak segan menabrak kendaraan pelanggar lalu lintas yang kebetulan lewat di hadapan Ichiro.

Tindakan itu pun dianggap salah jika dipandang dari teori safety driving. Sebab, safety driving mengajarkan bagaimana pengguna jalan bisa selamat sampai tujuan.

"Tapi dari safety driving itu sudah salah. Dia itu membahayakan dirinya sendiri. Bisa jadi dia enggak selamat sampai ke tujuan. Berbahaya, dia meningkatkan risikonya sendiri," kata kata instruktur mengemudi profesional yang telah tersertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Nugroho Respati di acara Diskusi Media "Meningkatkan Keselamatan dan Efisiensi Berkendara" di Jakarta, Rabu (4/2/2015).

Namun, pria yang akrab disapa Yoyok ini menganggap wajar hal itu. Sebab menurutnya, hal yang dilakukan Ichiro itu merupakan salah satu fenomena yang bisa saja terjadi di jalanan.

"Kita enggak bisa bilang itu salah. Itu memang fenomena yang bisa terjadi. Tapi dari sisi safety driving itu salah. Intinya itu kita bisa ke tempat tujuan dengan selamat," tutur Yoyok.

Soalnya, Yoyok menggambarkan, kalau di jalan raya itu seperti masuk ke rimba. Meski aturan sudah terpampang jelas, masih banyak orang yang melanggarnya.


0 comments:

Post a Comment