Wednesday, April 15, 2015

Diskon Mobil Baru Masih Marak, Penjualan Mobkas Turun

Diskon Mobil Baru Masih Marak, Penjualan Mobkas Turun Jakarta - Penjualan mobil bekas di Jakarta dan sekitarnya sepanjang kuartal pertama tahun ini menurun dibanding tahun lalu. Masih banyaknya program diskon mobil baru dan melemahnya daya beli masyarakat menjadi penyebabnya.

"Penjualan mobil bekas di (busa mobil bekas) WTC, dari Januari sampai akhir Maret lalu, tercatat sekitar 7.016 unit atau turun sekitar 400 unit dibanding tahun lalu," tutur Senior Manager WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, saat dihubungi detikOto di Jakarta, Kamis (16/4/2015).

Menurutnya, penurunan itu antara lain dikarenakan imbas dari penjualan mobil baru yang juga melemah. Akibat pasar mobil baru yang loyo itu, tak sedikit diler mobil yang memberikan diskon kepada calon pembeli.

"Apalagi saat ini tingkat suku bunga untuk kredit mobil baru rata-rata hanya 4 persen. Sedangkan untuk mobil bekas 7,5 persen. Jadi orang lebih memilih mobil baru, kalau memang bernit membeli kendaraan,’ ucapnya.

Penyebab penurunan lainnya adalah, banjir yang menerjang sebagian besar wilayah Jakarta pada Februari lalu. Akibatnya orang yang akan bertandang ke WTC untuk membeli mobil bekas mengurungkan niatnya.

Faktor ketiga adalah, daya beli yang naik turun. Namun, secara rata-rata, kata Herjanto, daya beli masyarakat menurun dibanding tahun sebelumnya.

"Entah apa sebabnya, saya tidak paham, tapi faktanya seperti itu. Ya mungkin BBM naik, listrik naik, kebutuhan pokok naik, Sehingga, inflasi juga naik dan orang berpikir ulang untuk beli, karena pos anggaran belanjanya membengkak,” kata dia.


0 comments:

Post a Comment