Monday, April 20, 2015

Riset: Efek Dehidrasi Saat Berkendara Sama Seperti Sedang Mabuk

Riset: Efek Dehidrasi Saat Berkendara Sama Seperti Sedang MabukLondon - Pengemudi yang tengah mabuk memang sangat berbahaya, tapi ternyata, ada efek lain yang sama-sama mempengaruhi kemampuan mengemudi, salah satunya adalah dehidrasi alias kurang minum.

Sebuah studi yang dilakukan di Loughborough University menyimpulkan, pengemudi membuat lebih dari dua kali kesalahan ketika mereka mengalami dehidrasi. Jumlah pengemudi yang melakukan kesalahan akibat dehidrasi sama seperti pengemudi yang telah minum minuman beralkohol.

"Temuan kami menyoroti bahaya yang belum diakui dan menyarankan pengemudi untuk tetap meminum air putih secukupnya,” kata Professor Ron Maughan, seorang ahli olahraga dan nutrisi yang memimpin penelitian ini seperti dilansir Telegraph, Senin (20/4/2015),

Maughan melanjutkan, untuk menyimpulkan hasil itu, pihaknya telah menemukan tingkat kesalahan sopir dehidrasi yang sama dengan yang ditemukan pada orang dengan kadar alkohol di darahnya sebesar 0,08 persen.

Dengan kata lain, lanjutnya, pengemudi yang tidak mendapatkan asupan air putih yang cukup membuat kesalahan yang sama dengan orang yang sedang mabuk.

Dehidrasi juga bisa mengakibatkan gangguan funsgi mental, perubahan suasana hati. Konsentrasi, kewaspadaan dan memori jangka pendek juga bisa menurun akibat kekurangan cairan tubuh.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Physiology and Behavior, peneliti mengadakan serangkaian tes selama dua hari. Tes ini menggunakan simulator mengemudi berbasis laboratorium.


0 comments:

Post a Comment