Monday, April 20, 2015

'Si Bos' Kini Pakai Teknologi Hybrid

Shanghai - Mobil SUV yang sering disebut ‘The Boss’ alias BMW X5 model terbaru diluncurkan oleh BMG di Auto Shanghai 2015. Tidak hanya baru, mobil kini sudah semakin ramah lingkungan berkat teknologi hybrid.

BMW menamakan X5 hybrid ini sebagai X5 xDrive40e. Anggota Dewan Manajemen BMW yang mengurusi bidang penjualan dan pemasaran Ian Robertson menuturkan Si Bos pertama kali dirilis BMW pada 1999. Sejak debut perdana itu, X5 sudah terjual sebanyak 1,5 juta unit.

“Hari ini kami memasuki bagian baru dengan X5, kami memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan sebuah mobil Sport Active Vehicle tanpa emisi,” ujar Robertson.

Mobil diperkuat dengan mesin 4 silinder bensin berteknologi BMW TwinPower Turbo dan sebuah motor listrik (synchronous electric motor).

Dalam mode listrik atau EV, mobil bisa melaju sejauh 31 km dengan kecepatan maksimum 120 km per jam. Baterai mobil terletak di bawah bagasi belakang.

“Mengisi baterai pun mudah, tinggal mengisi lewat colokan di rumah atau menggunakan fasilitas publik BMW i Wallbox untuk pengisian cepat,” ujarnya.

Saat menggunakan mesin bensin, mobil hanya membutuhkan 3,3 liter untuk setiap 100 km perjalanan. Emisinya pun rendah yakni 77 gram CO2 per km.

“Dalam masa yang panjang, kami berencana untuk menawarkan versi plug in hybrid pada semua model BMW. Tiongkok merupakan negara potensial untuk menjadi negara terbesar untuk penjualan model seperti ini,” ujarnya.

Selain X5 plug in hybrid, BMW juga memperkenalkan motor S1000RR dan mobil Seri 2 Gran Tourer, mobil MPV dengan kapasitas 7 penumpang yang baru dirilis perdana di Asia.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment