Monday, April 20, 2015

VW Kembangkan SUV dan Minivan Baru Berharga Terjangkau

VW Kembangkan SUV dan Minivan Baru Berharga TerjangkauShanghai - Volkswagen (VW) mengaku tengah menjajaki kemungkinan untuk mengembangkan varian Sport Utility Vehicle (SUV) dan van dengan harga terjangkau di Tiongkok. Kehadiran mobil itu diharapkan membuat VW bisa bersaing di segmen itu.

Kepala Eksekutif VW di Tiongkok, Jochem Heizmann yang dikutip Automotivenews, Senin (20/4/2015) di sela-sela persiapan Shanghai Auto Show 2015 mengatakan, permintaan terhadap SUV dan minivan dengan harga terjangkau di negara itu tengah melonjak.

“Kenaikan terbesar dari volume (penjualan mobil di Tiongkok), berada di segmen SUV terjangkau, dan di segmen MPV terjangkau, dimana kami tidak masuk,” tutur Heizmann.

Heizmann mengatakan untuk mengatasi masalah itu, VW memiliki proyek yang nyata. Dirinya menyebut tidak hanya 1 tapi beberapa model mobil sudah disiapkan VW.

Penjualan SUV di Tiongkok melonjak pada tahun lalu dengan penjualan 3,82 juta unit. Penjualan ini meningkat lebih dari dua kali lipat sejak 2012.

Bahkan Asosiasi Mobil Penumpang Tiongkok menyebut pertumbuhan penjualan SUV telah melampui perumbuhan segmen lain. Sementara perusahaan jasa keuangan Nomura memperkirakan, tahun ini penjualan mobil jenis itu diperkirakan mencapai 5,2 juta atau naik 27 persen dibanding tahun lalu.

Sebaliknya, penjualan model sedan diperkitakan hanya naik 1 persen. Sehingga total penjualan mobil ini diperkirakan tak lebih dari 12,5 juta unit.

Pasar mobil Tiongkok memiliki arti yang sangat penting bagi VW, terutama setelah penjualan di pasar Amerika Serikat mulai goyah. Sedangkan pasar Eropa belum pulih dari kemerosotan.

Tahun lalu, VW menjadi merek terlaris di Tiongkok. Pada saat yang sama, penjualan semua merek di negara itu melorot 0,6 persen. Meski begitu, di segmen mobil penumpang, China Association of Automobile Manufacturers mencatat ada kenaikan sebesar 9 persen.

Pada saat itulah, penjualan SUV merek lokal Tiongkok mampu mengungguli penjualan merek asing dalam penjualan. Penjualan merek lokal mencapai 56 persen dari total penjualan SUV.

0 comments:

Post a Comment