Tuesday, May 5, 2015

Gaikindo Sudah Minta BBM Berspek Standar Internasional Sejak 8 Tahun Lalu

Gaikindo Sudah Minta BBM Berspek Standar Internasional Sejak 8 Tahun LaluTangerang Selatan - Tidak lama lagi Pertamina akan menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru di Indonesia. Adalah Pertalite yang digadang-gadang akan memiliki RON di atas Premium dan di bawah Pertamax. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun menyambut baik kehadiran BBM jenis baru itu.

Sekretaris Jenderal Gaikindo Noegardjito menuturkan, pihaknya memang mengusulkan untuk menghadirkan BBM yang memiliki RON yang bagus atau standar internasional. Karena, teknologi mesin pada mobil pun seharusnya tidak lagi menggunakan BBM RON88 tapi minimal RON92.

"Pertalite itu memang belum RON92, tapi setidaknya sudah mendekati 92. Kami mendukung untuk adanya BBM dengan spek standar internasional, itu dari dulu bukan sekarang dan kami juga sudah menyampaikan secara resmi pada 8 atau 9 tahun lalu," ungkapnya sambil tersenyum usai dalam acara Press Conference Media Visit di ICE, BSD, Selasa (5/5/2015).

Noegardjito menambahkan, kenapa Gaikindo mendukung dan mengusulkan ada BBM dengan RON yang lebih bagus karena berpengaruh juga kepada ekspor kendaraan. Ia mencontohkan dalam melakukan ekspor Fortuner ke negara Arab Saudi menggunakan spesifikasi Euro4.

"Fortuner yang diekspor kesana kan harus menggunakan Euro4 karena disana sudah Euro4. Di Indonesianya kami memproduksi 2, yakni yang Euro2 dan EUro4. Itu sudah jelas secara cost tidak akan efektif maka dari itu kami sudah mengusulkan ada BBM baru yang lebih bagus dari dulu," katanya.




(ady/ddn)

0 comments:

Post a Comment