Monday, May 11, 2015

Penjualan Anjlok, Toyota Kurangi 100 Diler di Jerman

Penjualan Anjlok, Toyota Kurangi 100 Diler di JermanKoln - Toyota berencana untuk memangkas 100 diler di Jerman. Rencana ini merupakan langkah dramatis sebagai efek dari anjloknya penjualan mobil di pasar terbesar Eropa itu.

Diberitakan Automotive News, Selasa (12/5/2015), penjualan Toyota di Jerman turun 8,7 persen dalam empat bulan pertama dilihat dari data German Federal Transport Authority. Padahal pasar secara keseluruhan tengah naik 6,4 persen.

Pabrikan asal Jepang ini berniat untuk merestrukturisasi jaringan ritel untuk beradaptasi dengan volume yang lebih rendah. Toyota juga telah membatalkan kontrak dengan 500 diler di Jerman.

Kepala Komunikasi Toyota Jerman, Thomas Schalberger mengatakan, beberapa diler akan ditawarkan dengan kontrak baru. Tujuannya adalah untuk memiliki sekitar 400 poin penjualan per Juni 2016.

"Struktur diler harus beradaptasi dengan kondisi pasar yang berubah selama 12 bulan ke depan. Kami ingin profitabilitas yang lebih besar per lokasi," kata Schalberger yang sambil menambahkan pelayanan suku cadang tidak akan berpengaruh.

Dalam empat bulan pertama, saingan Toyota yang sama-sama dari Asia tidak merasakan hal yang sama. Penjualan Hyundai naik 10 persen menjadi 31.646 unit dengan pangsa pasar 3 persen.

Volume Nissan naik 10 persen menjadi 24.143 dengan pangsa 2,3 persen. Sementara pangsa pasar Toyota sebesar 2 persen, jauh di bawah 4 persen yang ditargetkan.

Pengamat industri mengatakan, Toyota menderita di Jerman karena lineup-nya yang sudah 'kuno'. Selain itu, Toyota juga fokus pada mobil hybrid bukan menawarkan mobil diesel kompetitif yang populer di pasar Jerman.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment