Monday, May 11, 2015

Penjualan Motor Masih Melempem Menjelang Lebaran, Produsen Motor Waswas

Penjualan Motor Masih Melempem Menjelang Lebaran, Produsen Motor WaswasJakarta - Pada tahun-tahun sebelumnya, tiga hingga dua bulan masyarakat banyak yang berburu sepeda motor baru untuk berlebaran. Namun melihat kondisi pasar dan kemampuan daya beli masyarakat saat ini, industri kendaraan roda dua berharap kondisi itu bisa terulang tahun ini, tapi sekaligus cemas hal itu tak terjadi.

“Ya harus jujur kami akui, saat ini waswas. Apakah di tiga hingga dua bulan menjelang lebaran tahun ini, pembelian sepeda motor untuk lebaran bisa sebesar tahun-tahun sebelumnya. Jika dua atau satu bulan sebelum lebaran tidak ada tanda-tanda, kami bisa cemas,” papar Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Sigit Kumala, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (12/5/2015).

Sigit menyebut ada sejumlah alasan yang mendasari kerisauannya itu. Pertama, hingga saat ini minat masyarakat membeli motor baru masih kecil karena faktor daya beli.

Hal itu terbukti sepanjang Januari hingga April yang sebanyak 2.185.299 unit. Padahal di periode yang sama 2014 penjualan mencapai 2.719.654 unit.

Kedua, harga kmomoditas di sejumlah daerah penghasil seperti di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan menurun. Bahkan di daerah penghasil karet, harga getah karet turun hingga di bawah pasar.

Ketiga, di sejumlah daerah lainnya, petani yang semestinya memanen tanamannya pada April lalu, ternyata tanaman belum siap dipanen. Artinya ada pergeseran musim panen.

Keempat, pada bulan Juli nanti atau pada saat lebaran hingga Agustus adalah musim persiapan tahun ajaran baru anak-anak sekolah. Sehingga, para orangtua akan mengalokasikan anggarannya untuk kenutuhan tersebut.


0 comments:

Post a Comment